SIKAP DAN PEMERTAHANAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA INTERNASIONAL BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA
Suharti Suharti, Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan pemertahanan terhadap bahasa Indonesia pada siswa kelas X kelas internasional dan non-internasional di SMA Budi Mulia Dua. Sikap dan pemertahanan bahasa tersebut ditinjau dari tes menulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan gabungan antata pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan kuesioner menunjukkan bahwa di kelas X GAC terdapat 9 siswa yang memiliki pemerta-hanan bahasa negatif dan kelas X Asia terdapat 2 siswa yang memiliki pemertahanan yang negatif. Berdasarkan hasil menulis, pada kelas GAC hanya terdapat 1 siswa yang memiliki pemertahanan negatif dan di kelas X Asia terdapat 2 siswa.
Kata kunci: bahasa Indonesia, sikap bahasa, pemertahanan bahasa
LANGUAGE ATTITUDE AND MAINTENANCE ON INDONESIAN LANGUAGE CLASS X STUDENTS BUDI MULIA DUA INTERNATIONAL SENIOR HIGH SCHOOL YOGYAKARTA
Abstract
This study is aimed at understanding language attitude and language maintenance on Indone-sian language to Class X students of international class and non-international class at Budi Mulia Dua Senior High School. The language attitude and language maintenance were viewed from students’s writing test. The result of this research from questionnaire, X Asia there are 2 students who have negative language maintenance, and in Class X GAC, there are 9 students who have negative language maintenance. From writing performance in class X Asia there are 2 students who have negative language maintenance and in Class X GAC, there are 1 students.
Key words: Indonesian language, language attitude, language maintenanceKeywords
Full Text:
PDFReferences
Chaer, A & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta.
devoss, d`anielle N, Elyse E, and Hicks, T. (2010). Because digital writing matters. Jossey-Bass: San Francisco.
Fink, T. K. (2005). Attitudes toward languages in nairobi. Tesis. New York: University of Pittsburgh. Diambil pada tanggal 20 Juni 2013, dari http://d-scholarship.pitt.edu/7407/1/NairobiAttitudes.pdf
Garcia, M. (2003). Recent research in language maintenance. Annual review of Applied linguistics, pp.22-43. USA: Cambridge University Press.
Karsana, D. (2010). Kesetiaan bahasa masyarakat perkotaan etnik Sunda di Yogya-karta. Multilingual, 2, pp.1-26.
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrument tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Sayuti, S.A. (2008). Bahasa dan sastra daerah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sigiro, E.P. (2011). Sikap kebahasaan penutur bahasa Simalungun di Kora Pematangsiantar terhadap bahasa Simalungun. Multilingual, 2, pp.145-161.
Siregar, B.U, D. Syahrial I, & Chairul Husni. (1998). Pemertahanan bahasa dan sikap bahasa kasus masyararakat bilingual di medan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
Subyakto, S.U. (1993). Metodologi pengajaran bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Suhardi, Basuki. (1995). Sikap bahasa. Disertasi. Universitas Indonesia.
Sumarsono (1993). Pemertahanan bahasa Melayu Loloan di Bali. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Sumarsono & Partana, P. (2002). Sosio-linguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zhang, D. (2008). Between two generations: language maintenance and acculturation among Chinese immigrant families. El Paso: LFB Scholarly
DOI: https://doi.org/10.21831/lt.v2i2.7375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Rizki Amalia Sholihah, Suharti Suharti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal indexed by:
LingTera is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp.