Analisis Penerapan Pembelajaran Andragogi di PKBM Hanuba Medan

Jubaidah Hasibuan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Cristina Asvera Saragih, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Junfanny Pakpahan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Meliana Gultom, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Muhammad Salim Sagala, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran andragogi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Hanuba di Jalan A.H. Nasution, Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini diharapkan dapat membangun motivasi dan sebagai referensi dalam membentuk lembaga pendidikan masyarakat melalui penerapan pembelajaran andragogi di PKBM Hanuba. Metode penelitian dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu PKBM Hanuba telah menerapkan pendekatan pembelajaran andragogi berbasis kontekstual, prinsip pembelajaran yang diterapkan seperti pembelajaran berbasis masalah, cara cara belajar, evaluasi diri, melibatkan perasaan dalam mengatur emosi serta bebas dari ancaman. Asumsi belajar yang digunakan seperti: kesiapan diri, motivasi dan gaya belajar andragogi yang diterapkan adalah gaya belajar visual dan audio visual. Pelaksanaan sudah dilaksanakan dengan sangat baik namun terdapat  permasalahan yang terjadi di PKBM Hanuba adalah orientasi belajar warga belajar berpusat pada ijazah dan motivasi dalam diri warga belajar yang rendah.

Analysis of the Application of Andragogy Learning at PKBM Hanuba Medan

Abstract: This study aims to determine how the implementation of andragogy learning at the Hanuba Community Learning Activity Center (PKBM) on Jalan A.H. Nasution, Medan, North Sumatra. This research is expected to build motivation and as a reference in establishing community education institutions through the application of andragogy learning in PKBM Hanuba. The research method is a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques were carried out by interview, observation and literature study. The results obtained are that PKBM Hanuba has applied a contextual-based andragogy learning approach, applied learning principles such as problem-based learning, learning methods, self-evaluation, involving feelings in regulating emotions and being free from threats. The learning assumptions used are: self-readiness, motivation and andragogy learning styles applied are visual and audio-visual learning styles. The implementation has been carried out very well, but there are problems that occur in PKBM Hanuba, namely the learning orientation of learning citizens is centered on diplomas and low motivation in learning residents.


Keywords


analisis; andragogi; pusat kegiatan belajar masyarakat,analysis; andragogy; community learning centre

Full Text:

PDF

References


BPS. (2013). Pada Agustus 2013, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 6,25 Persen.

Dewi, N. A. K., Zukhri, A., & Dunia, I. K. (2014). Analisis Faktor-faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Usia Pendidikan Dasar di Kecamatan Gerokgak Tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 4(1).

Effendi, E. (2017). Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 15–24.

H, B. J. P., & Gilmore, J. H. (1999). The Experience Economy Work is Theatre and Every Business Stage. Boston: Hardvard Business School Press.

Jannah, F. (2013). Pendidikan Seumur Hidup dan Implikasinya. DINAMIKA ILMU: Journal of Education-Jurnal Pendidikan, 13(1), 1–16.

Johnshon, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Crown Press.

K, R. F. (2015). Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 43–64.

Knowles, M. S. (1975). Self-directed Learning: A Guide for Learners and Teachers. Chicago: Association Press: Follet Publishing Company.

Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190.

Porter, B. De, & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Quantm Learning: Unleashing the Genius In You 1992. Bandung: Mizan Pustaka.

Reber, M. F. (2003). An Alternative Framework for Community Learning Centers in the 21st Century. USA: Dissertatiton.com.

Riswandi. (2013). Psikologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusyan, A. T., Kusdinar, A., & Arifin, Z. (1989). Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Prenada Media Group.

Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayar. VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 10(2), 67–76.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta.

Suharta, R. B., Kusumawardani, E., & Hermawan, Y. (2021). Integrasi Program Sadar Wisata Dalam Membangun Kesadaran Literasi Di Desa Nglanggeran. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 47–63.

Sujarwo, S., Kusumawardani, E., Prasetyo, I., & Dewi, A. A. (2021). Study on Needs Analysis of Family Multiliteracy Competence from Program Keluarga Harapan. 72–85. KnE Social Sciences.

Sujarwo, S., Kusumawardani, E., Tristanti, T., & Santi, F. U. (2021). Women Strengthening Through Information Technology Literacy in Tourist Village. Journal of Nonformal Education, 7(1), 112–118.

Sujarwo, S., Tristanti, T., & Kusumawardani, E. (2022). Digital literacy model to empower women using community-based education approach. World Journal on Educational Technology : Current Issues, 14(1), 175–188.

Sujarwo. (2015). Strategi Pembelajaran Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwarni, R., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Pendekatan Andragogi dan Proses Pembelajaran Jarak Jauh di PAUD Qolbun Salim, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 25–34.

Vermunt, J. D., & Donche, V. (2017). A Learning Patterns Perspective on Student Learning in Higher Education: State of the Art and Moving Forward. Educational Psychology Review, 29(2), 269–299.

Wahidin, N., Supriyono, S., & Widianto, E. (2022). Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Digital pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Mentari Kabupaten Malang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah2, 6(1), 28–39.




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.49967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats