KEBUTUHAN PROGRAM EDUWISATA TAMAN BACAAN MASYARAKAT
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kebutuhan program eduwisata TBM Teras Baca Guyub Rukun dan diperoleh rencana program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata TBM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pengelola TBM, tutor, masyarakat, dan ahli. Setting dalam penelitian adalah aktivitas TBM. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data didukung oleh triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kebutuhan program eduwisata TBM berupa pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdawis). (2) diperoleh rencana program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata yang terdiri dari (a) input (b) proses (c) output, dan (d) outcome. Oleh karenanya, perlu ada tindakan pemberdayaan TBM dari hasil penelitian yang telah dilakukan terutama program pendidikan pokdarwis berbasis eduwisata.
Kata kunci: Kebutuhan, program, eduwisata, TBM
Abstract
This research aims to: find out the needs of the program Eduwisata TBM and obtained the Plan education program Pokdarwis based Eduwisata TBM. This research was a descriptive study with a qualitative approach. The subject of this study is the management of TBM, tutors, local community and expert. The Setting in the study is TBM. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman models, namely the reduction of the data, data presentation, and withdrawal of conclusions. The validity of the data is supported by the source triangulation and method. The results of this research show that: (1) the need of program eduwisata TBM in the form of tourism Conscious Group (Pokdawis). (2) obtained the Plan of Education program Pokdarwis based eduwisata TBM consisting of (a) inputs (b) process includes (c) outputs and (d) outcomes. Therefore, there needs to be an empowerment of the research results that have been done mainly education programs Pokdarwis based Eduwisata.
Keywords: Needs, program, eduwisata, TBM
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hermawan, Hary. (2017). Wisata Edukasi Kampung Tulip. Bandung: STP ARS Internasional dan AKPAR BSI.
Kalida, Muhsin. (2012). Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Kaufman, Roger A & Fenwick W. English. (1979). Needs Asssessment Concept and Application. New Jersey: Publications, Inc., Englewood Cliffs.
Rangkuti, Freddy. (2013). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Statistik Kepariwisataan. (2015). D.I.Yogyakarta Indonesia: Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved from http://visitingjogja.web.id/assets/uploads/files/bank_data/Buku_Statistik_Kepariwisataan_DIY_2015_05092016040516.pdf
Sudjana. (2001).Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.
Sudjana. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarwo, S., Samsi, I., & Wibawa, L. (2017). Desain model wisata belajar di Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta sebagai laboratorium luar kampus. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 90-100. doi:https://doi.org/10.21831/jppm.v4i1.12535.
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v3i2.27279
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |