PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN NONFORMAL DI DUSUN SAMAN II, BANGUNHARJO, SEWON, BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.21831/diklus.v1i2.23862Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Partisipasi masyarakat (2) faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pembangunan pendidikan nonformal. Penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian partisipasi masyarakat terdiri dari (1) Motivasi partispasi masyarakat terdiri dari motivasi intrinksik dan motivasi ektrinsik, (2) bentuk-bentuk partisipasi terbagi dalam dua bentuk meliputi: (a) partisipasi fisik yaitu keahlian/ penyampaian ilmu pengetahuan, tempat, tenaga, pendanaan dan (b) partisipasi nonfisik yang terdiri dari pengawasan, motivasi, dan penyampaian ide pemikiran. Faktor penghambat partisipasi masyarakat yaitu (a) faktor malas, (b) faktor pekerjaan, (c) faktor pengurus internal, (d) faktor pengurus dusun, dan (e) faktor dana
References
Amirin, M Tatang. (2013). Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press
BPS.(2015). diakes melalui Yogyakarta.bps.go.id pada hari Selasa 15 November 2016 pukul 19.30 WIB
Dwiningrum, S.I.A. (2015). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Hermawan, Yudan & Yoyon, Suryono,. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Program-Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran. Jurnal Pendiidkan dan Pemberdayaan Masyarakat. 3 (1), 97-108
Hiryanto. (2005). Partisipasi Masyarakat dalamvPengembangana PLS Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Yogyakarta. Jurnal Diklus Edisi 5, 56-72
Kamil, Mustofa. (2012). Model Pendidikan
dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta Bandung.
Sudirman. (2011). Partisipasi Tokoh Masyarakat dalam Pembangunan Desa (Studi di Desa Unteboang Kecamatan Sosorgadong Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah UPI Volume 7, Nomor 1 Tahun 2011.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun Pendidikan.(2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
![]() | Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |