IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKBM BERBASIS BUDAYA GUNA MENDUKUNG PELESTARIAN BUDAYA DI PKBM WIRATAMA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pembelajaran PKBM berbasis budaya dengan cara mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan, faktor pendukung dan faktor penghambat PKBM berbasis budaya guna mendukung pelestarian budaya di PKBM Wiratama Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subyek ketua PKBM, pengelola, tutor dan warga belajar. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Implementasi pembelajaran pendidikan berbasis budaya di PKBM Wirtama yang terdiri dari; (a) Persiapan dalam pembelajaran pendidikan berbasis budaya, merencanakan proses pelaksanaan pembelajaran membatik (b) Pelaksanaan pendidikan berbasis budaya dalam hal ini adalah membatik dimulai dengan cara tutor menyampaikan materi tentang membatik baik secara materi maupun praktik. Tutor menjelaskan tentang materi dan media yang digunakan dalam pembelajaran, serta mendampingi warga belajar dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. (c) Evaluasi dilaksanakan diakhir pembelajaran pendidikan berbasis budaya dilakukan dengan cara berdiskusi mengenai permasalahan yang sedang dihadapi serta mencari solusi permasalahan. (2) faktor pendukung pelaksanaan pendidikan berbasis budaya di PKBM Wiratama adalah sebagai berikut: kompetensi tutor yang memadai dalam melaksanakan pembelajaran membatik, strategi pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi warga belajar, sarana dan prasana pembelajaran yang sudah tersedia. Faktor penghambat pelaksanaan pendidikan berbasis budaya di PKBM Wiratama adalah kurangnya dana untuk membeli alat dan bahan keperluan untuk pembelajaran dan cuaca buruk atau hujan.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Rohani. H.M dan Abu Ahmadi. 1991. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Alwasilah, A. Chaedar. 2006. Pokoknya Sunda. Bandung: Pustaka Jaya
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta
Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB). 2013. Pengelolaan PKBM Gaya Yogyakarta. DIY: Tidak ada terbitan
Dewantara, K.H. 2004. Bagian pertama: pendidikan. Yogyakarta: Majelis
Luhur Persatuan Tamansiswa.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan .(2012). Standar Dan Prosedur Penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm). Jakarta: Tidak ada terbitan
Endarmoko, E. 2006. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. EGC
http://yogyakarta.bpk.go.id Di unduh pada hari Rabu 11 Nopember 2015. Pukul 12.15
http://ipabi.org Di unduh pada hari kamis 11 Februari 2016. Pukul 10.45
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab1HTML/2011201622MCBab1001/page9.html Di unduh pada hari sabtu 14 Juni 2014. Pukul 15:36
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Entoh%20Tohani,%20S.Pd.,%20M.Pd./Microsoft%20Word%20%20STRATEGI%20PENGEMBANGAN%20KAPASITAS%20PKBM.pdf Di unduh pada hari senin 8 Februari 2016. Pukul 20:38
http://www.pskgjppkhbcilegon.com/ Di unduh senin 21 Nopember 2016. Pukul 20:36
Idi, A. 2011. Sosiologi pendidikan: individu,sekolah dan pendidikan. Jakarta:Rajawali Pers
Jumhari. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) Pada Program Paket B di PKBM Bhakti Persada, Bantul DIY. Skripsi FIP PLS UNY
Kamus Besar Bahasa Indoonesia Edisi Keempat. 2008. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Koentjaraningrat. 2011. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Radar Jaya Offset
Maryati. 2013. Pelaksanaan Pendidikan Ketrampilan Paket B Berbasis Muatan Lokal di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Suka Makmur, Jetis Saptosari Gunung Kidul. Skripsi FIP PLS UNY
Mardiatmadja B.S. 2006. Tantangan Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanis
M.J. Herskovits.2006. Antropologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muzakki, Muzakki; Fauziah, Puji Yanti. Implementasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal di PAUD Full Day School. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 39-54, mar. 2015. ISSN 2477-2992. Available at:. Date accessed: 05 apr. 2016.
Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.
Oemar, Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.Soetomo
Oemar, Hamalik. 2005. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Y.P Pemindo
PKBM Wiratama. 2013. Arsip Dokumen PKBM. Yogyakarta: Tidak ada terbitan
Ranjabar. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia Suatu Pengantar. Bandung. Ghalialad
Role of Community Learning Center for the Promotion of Literacy and Quality of Life. April1999. Pdf
Rumidi, Sukandar. 2004. Metode Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Penelitian Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada Yogyakarta Press
Sayuti, A, Suminto. 2005. Menuju Situasi Sadar Budaya Antara Yang Lain Dan Kearifan Lokal. Makalah: Universitas Negeri Yogyakarta
Soelaeman, Munandar, M. 2005. Ilmu Budaya Dasar. Bandung:Refika Aditama
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sulaiman. 2002. Struktur Sosial dan Nilai Budaya Masyarakat Pedesaan. Yogyakarta: APD
Sutrisno, Mudji dan Hendar Putanto. (eds) 2014. Teori Teori Kebudayaan. Yogyakata: Kanisius
Syaiful Bahri Djamarah & Asqan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tilaar. 2002. Pendidikan kebudayaan, dan masyarakat madani indonesia.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Umberto Sihombing. 2000. Pendidikan Luar Sekolah Managemen Strategi. Jakarta: PD Mahkota
UU Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Kewenangan Urusan Daerah Keistimewaan.
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v1i1.23852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |