Implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di PAUD full day school

Muzakki Muzakki, Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Puji Yanti Fauziah, Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis budaya lokal di lembaga PAUD full day school. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal (single-case study). Penelitian ini di Lembaga PAUD full day school Fairuz Aqila Kalasan Sleman yang merupakan salah satu lembaga PAUD di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menerapkan budaya lokal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu implementasi pembelajaran anak usia dini berbasis bu-daya lokal dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan anak, menentukan tema pembelajar-an, menyusun perencanaan pembelajaran yaitu program kegiatan tahunan, program kegiatan mingguan dan program kegiatan harian. Proses pelaksanaan pembelajaran berbasis budaya lokal terintegrasi dalam kegiatan pijakan, kegiatan inti dan kegiatan pengasuhan. Penilaian pembelajaran yang digunakan yaitu dengan observasi, anekdot dan daftar chek list. Unsur-unsur budaya lokal yang digunakan yaitu tata nilai dalam budaya Jawa, sistem keagamaan, per-mainan tradisional, makanan tradisional, tarian Jawa, bahasa Jawa, sistem mata pencaharian, lagu Jawa, alat musik tradisional dan cerita rakyat.

Kata kunci: pembelajaran budaya lokal, anak usia dini, PAUD full day school

 

The Implementation of Learning Process Based on Local Wisdom in Full Day School Early Childhood

 

Abstract

The objectives of this study are to describe the implementation of local wisdom in full day early childhood school. This study applies qualitative research with a single-case study approach. This research is done in Fairuz Aqila institution in Kalasan, Sleman which is an early childhood education center in Daerah Istimewa Yogyakarta which applies local wisdom. The data of the research were collected through observation, interview, documentation, and triangulation. The results of the study showed that the implementation of full day early childhood school based on local wisdom is applied by identifying the children’s need,  determining the topic of learning, arranging lesson plan which includes program planning of annual,weekly, and daily activity programs, integrating local wisdom into learning process through the basic, main, and day care activity, applying learning assessment by means of observation, anecdote, and check list. The elements of local wisdom which are acknowledged are Javanese culture norms, religious system, traditional games, traditional foods, Javanese traditional dance, Javanese language, livelihood system, Javanese songs, traditional music instruments, and folktales.

Keywords: local wisdom learning, early childhood student, full day early childhood school


Keywords


Local wisdom learning, Early childhood student, Full day early childhood School

Full Text:

PDF

References


Bredekamp, S., & Copple, C. (Eds.) (1997). Developmentally appropriate practice in early childhood programs (rev. Ed.). Washington, DC: National Associa-tion for the Education of Young Children.

Dewantara, K.H,. (2004). Bagian pertama: pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Hasan, M. (2009). Pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Diva press.

Idi, A. (2011). Sosiologi pendidikan: individu, sekolah dan pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemendiknas. (2009). Peraturan menteri pendidikan nasional no 58 tahun 2009, tentang standar pendidikan anak usia dini. Jakarta.

Merriam, S.B. (2009). Qualitative research: a guide to design and implementation. San Fransisco: Jossey-Bass.

Moeleong, L. J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morrison, G. (1992). Early childhood education today (fourth edition). Colombus: Merril Publishing Company.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. (2009). Administrasi dan super-visi pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.

Santi, D. (2009). Pendidikan anak usia dini: antara teori dan praktik. Jakarta: indeks.

Spradley, James P. (1997). The etnographic interview (terjemahan). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sujiono, Y.N. (2009). Konsep dasar pendidik-an anak usia dini. Jakarta: Indeks

Suriasumantri, J. (1996). Filsafat ilmu sebuah pengantar populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sutarno. (2008). Pendidikan multikultural. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidik-an Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Tilaar. (2002). Pendidikan kebudayaan, dan masyarakat madani indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto, (2011). Desain pengembangan pembelajaran tematik bagi anak usia dini TK/RA & anak usia kelas awal SD/MI. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat



JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:

 
 
Creative Commons License
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats