PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS PADA ANAK DIDIK DI DESA TAMBI KECAMATAN KEJAJAR KABUPATEN WONOSOBO JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/diklus.v2i1.23645Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang cara dan upaya orang tua dalam mendampingi anak didik, agar nilai-nilai religiusitas tertanam pada diri anak didik di desa Tambi, Kejajar, Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendampingan orang tua meliputi pendampingan secara langsung melalui perilaku kegamaan yang dapat langsung dicontoh oleh para anak didik. Selain itu, orang juga melakukan dengan cara memberikan keteladanan langsung kepada anak didik, melalui berbagai macam kegiatan keagamaan. Orang tua juga melakukan pemahaman keagamaan melalui lembaga pendidikan seperti TPQ dan Madin (Madrasah Diniyah) (2) Faktor pendukung yaitu: (a) kondisi desa Tambi yang kondusif, (b) banyak kegiatan keagamaan, (c) terdapat lembaga kegamaan. (3) Faktor penghambat yang mempengaruhi pengelolaan adalah terbatasnya sarana penunjang kegiatan. (4) Hasil pendampingan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas pada diri anak didik, sudah dapat dikatakan berhasil, karena anak didik selain pemahaman kegamaannya baik, mereka juga dapat berperilaku sesuai dengan tuntunan agama.
References
Ahmadi, Abu. (1999). Psikologi
Sosial.Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiyah. (1979). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
(2001). Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
(1998). Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.
Hamalik, Oemar. (2010). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Hasbullah. (2013). Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Hurlock, Elizabeth. (1999). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Husein, Fatimah. (2008). Resonansi Dialog Agama dan Budaya. Yogyakarta: Center For Religious & Cross, Cultural Studies
(CRCS), Universitas Gajah Mada.
Iryanto. (2000). Pendidikan dalam Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.
J.P, Chaplin. (1997). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
Kartono, Kartini. (2010). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV. Mandar Maju
Nasution, Harun. (1995). Islam Rasional, Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan.
Paul Johnson, Doyle. (1986). Teori Sosiologi Klasik & Modern. Jakarta: PT. Gramedia.
Phil, Astrid, S.Susanto, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Putra Abardin, Jakarta, 1999.
Puspito, Hendro. (1989). Sosiologi Sistematik. Yogyakarta: Kanisius.
Rakhmat, Jallaluddin. (2000). Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
![]() | Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |