Quizizz: Science learning media in elementary school in developing critical thinking skills
Amanda Syahri Nasution, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Abrami, P. C., Bernard, R. M., Borokhovski, E., Waddington, D. I., Wade, C. A., & Persson, T. (2015). Strategies for teaching students to think critically. Review of Educational Research, 85(2), 275–314. https://doi.org/10.3102/0034654314551063
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran Quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25), 1–6.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis Siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.
Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4286/
Guhlin, M. (2016). Gamifying learning with Quizizz. Technotes. https://blog.tcea.org/gamifying-learning-quizziz/
Jamro, M. (2017). Engaging students of engineering & technology in positive group dynamics using randomly generated instant virtual group (IVG) quizzes. International Journal for Innovation Education and Research, 5(10), 10–43. https://doi.org/10.31686/ijier.vol5.iss10.797
MacNamara, D., & Murphy, L. (2017). Online versus offline perspectives on gamified learning. GamiFIN Conference 2017. http://norma.ncirl.ie/2544/
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Nastiti, R. B., & Purwanta, E. (2019). Introducing career to kindergarten students. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(1), 10. https://doi.org/10.33292/petier.v2i1.29
Nasution, W. H. R. (2019). Pemanfaatan media kahoot dalam pembelajaran IPA pada sekolah dasar di era revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Rachman, D., Soviyah, S., Fajaruddin, S., & Pratama, R. A. (2020). Reading engagement, achievement and learning experiences through kahoot. LingTera, 7(2). https://doi.org/10.21831/lt.v7i2.38457
Rusmana, I. M. (2020). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online Quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2(1a). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2249/0
Sapriya, S. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Remaja Rosda Karya.
Suharsono, A. (2020). Penggunaan aplikasi Quizizz dalam pelatihan dasar CPNS Kemenkeu generasi milenial. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 60–66.
Surahman, S., Paudi, R. I., & Tureni, D. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa pokok bahasan makhluk hidup dan proses kehidupan melalui media gambar kontekstual pada siswa kelas II SD Alkhairaat Towera. Jurnal Kreatif Online, 3(4). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3070
Tawil, M., & Liliasari, L. (2013). Berpikir kompleks dan implementasi dalam pembelajaran IPA. Universitas Negeri Makassar.
Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Smartphone-based application “Quizizz” as a learning media. Dinamika Pendidikan, 14(2), 244–253. https://doi.org/10.15294/dp.v14i2.23359
Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan aplikasi quizizz berbasis smartphone dalam membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 362–368. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/335/0
Yustriana, Y. (2013). Peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui media kliping koran dalam pembelajaran IPS sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/3177
DOI: https://doi.org/10.21831/jser.v5i1.38592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jser/index
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.