Effects of the Geogebra-assisted Missouri mathematics project learning model on students’ mathematical communication ability
Syafika Ulfah, Departement of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aden, C. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik melalui Model Think-Pair-Share berbantuan Geometer’s Sketchpad. Repository Universitas Pendidikan Indonesia. https://repository.upi.edu/9196/
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Astiswijaya, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1179
Fitriyani, W. & Sugiman, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Pendekatan Ideal berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2681
Handayani, I., Januar, R. L., & Purwanto, S. E. (2018). The effects of Missouri mathematics project learning model on students' mathematical problem-solving ability. Journal of Physics: Conference Series 948 012046. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/948/1/012046/meta
Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus Dan Balok. Prisma, 8(1), 68-79. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648
Huzaifah, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon. https://repository.syekhnurjati.ac.id/1655/
Jannah, M., Triyanto, & Ekana, H. (2013). Penerapan Model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 61-66. https://core.ac.uk/download/pdf/12347851.pdf
Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095-1104. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1742
Kurniasari, V. H. D., Susanto, S., & Setiawan, T. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat pada Siswa Kelas X SMA NEGERI BALUNG Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014. Pancaran Pendidikan, 4(2), 153-162. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1559
Ljajko, E., & Ibro, V. (2013). Development of ideas in a GeoGebra – aided mathematics instruction. Mevlana International Journal of Education, 3(3), 1-7. https://eric.ed.gov/?id=ED544150
Luritawaty, I. P. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Office Excel. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://www.neliti.com/id/publications/226646/upaya-meningkatkan-kemampuan-komunikasi-matematis-melalui-metode-diskusi-berbant
Mariyam, M., T, A. Y., Rosmaiyadi, R., P, N. C., & Wahyuni, R. (2018). Pembelajaran Missouri Matematika Kerja Berbasis Kontekstual: Materi Bangun Ruang Limas di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 57-62. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.808
Rahadyan, A., Hartuti, P. M., & Awaludin, A. A. R. (2018). Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356
Rahman, A. A. & Nasryah, C. E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335-346. https://scholar.google.com.mx/scholar?oi=bibs&cluster=729975996266791266&btnI=1&hl=en
Rahmi, A. & Rahmi, D. (2015). Pengaruh Penerapan Model Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smk Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 28-34. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1333
Rosyid, A. & Umbara, U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 84-89. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1326
Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pendekatan Matematika Realistik. Repository Universitas Pendidikan Indonesia. https://repository.upi.edu/56615/
Sari, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/478
Savitri, S., Rochmad, R., & Agoestanto, A. (2013). Keefektifan pembelajaran matematika mengacu pada missouri mathematics project terhadap kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 28-33. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujme/article/view/3444
Suciati, I. & Mailili, W. H. (2022). Implementasi Geogebra Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran: A Systematic Literature Review. 7(1), 27–42. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972
Suhaifi, A., Rufii, R., & Karyono, H. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220–230. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/45080
Sunarto, S. (2011). Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK). https://staffnew.uny.ac.id/upload/131568300/penelitian/PEMBELAJARAN+BERBANTUAN+KOMPUTER-2.pdf
Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99-109. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.20
Sutarman, Mardiyana, & Triyanto. (2014). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Think Talk Write (TTW) dan Missouri Mathematics Project (MMP) ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(10), 1019-1030. https://www.neliti.com/publications/120281/eksperimentasi-pembelajaran-matematika-dengan-model-think-talk-write-ttw-dan-mis
Ulya, R. & Hidayah, I. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 178-183. https://journal.unnes.ac.id/sju/ujmer/article/view/12934
Wahyuni, R. & Efuansyah. (2018). Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 24-36. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/778
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.60232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503
View My Stats