PENGEMBANGAN MODUL STATIC STRUCTURAL BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD PADA MATA KULIAH BAHAN TEKNIK

Muhammad Nabil Ilyasa, Universitas Negeri Malang, Indonesia
M Ihwanudin, Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Sumarli Sumarli, Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Abstract

The problem in the Engineering Materials class is that students still consider the Engineering Materials course to be material that is difficult to understand. With these problems, this research aims to develop the "Static Structural" module with an experiential learning approach in the Engineering Materials course using the finite element method. This type of research is R&D (research and development) which refers to the 4D development model: defining, designing, developing and disseminating. The data analysis technique used is included in descriptive statistics where the calculated data is analyzed. After validation was carried out by experts on material, language and design aspects, qualitative data was collected and then processed into quantitative data which was compiled in a validation recapitulation. The results of this research show that the module is declared feasible as a whole with an average score of 3,212 and 80,321% from the expert validator assessment, while in small group trials it gets an average score of 3,495 and a percentage of 87,368%, resulting in a very interesting category as a teaching medium in Engineering Materials course

Abstrak

Permasalahan di kelas Bahan Teknik didapatkan bahwa mahasiswa masih menganggap mata kuliah Bahan Teknik merupakan materi yang sulit dipahami. Dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan modul “Static Structural” dengan pendekatan experiential learning pada mata kuliah Bahan Teknik menggunakan finite element method. Jenis penelitian ini R&D (research and development) yang mengacu pada model pengembangan 4D: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate). Teknik analisis data yang digunakan termasuk dalam statistik deskriptif dimana data yang telah dihitung dilakukan analisa. Setelah dilakukan validasi ke ahli aspek materi, bahasa dan desain, pengumpulan data kualitatif dilakukan kemudian diolah menjadi data kuantitaif yang tersusun di rekapitulasi validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul dinyatakan layak secara keseluruhan dengan skor rata-rata 3,212 dan 80.321% dari penilaian validator ahli, sedangkan dalam uji coba kelompok kecil mendapatkan  nilai skor rata-rata 3.495 dan persentase 87.368% sehingga didapatkan kategori sangat menarik sebagai media pengajaran dalam mata kuliah Bahan Teknik.


Keywords


Modul Experiential Learning; Elemen Hingga; Bahan Teknik

Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bireun pada Materi Teknik Pengelasan Busur Manual. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(4), 503–511.

Ariana, I. W., Dewi, L. J. E., & Dantes, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pemindah Tenaga Materi Gardan Berbasis Flash. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 6(2), 66. https://doi.org/10.23887/jjtm.v6i2.14855

Ariyanto, S. R., I Made Arsana, & Ulum, R. (2019). Pengembangan Modul Radiator Trainer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Unesa. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(2).

Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82. https://doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.15994

Healey, M., & Jenkins, A. (2000). Kolb’s experiential learning theory and its application in geography in higher education. Journal of Geography, 99(5), 185–195. https://doi.org/10.1080/00221340008978967

Hermawan Yudha Prasetya., & Danar Susilo Wijayanto, T. W. S. (2022a). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 10, 14–21. http://10.0.93.79/jptm.v10i2.51606

Hermawan Yudha Prasetya., & Danar Susilo Wijayanto, T. W. S. (2022b). Pengembangan Experiential Learning Dengan Metode Elemen Hingga Pada Mata Kuliah Aerodinamika. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 10, 14–21. http://10.0.93.79/jptm.v10i2.51606

Kolb, D. A., & Plovnick, M. S. (1974). The experiential learning theory of career development. Working Paper Alfred P. Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology.

Lastri, N., Hamidah, A., & Hsb, M. H. E. (2019). Pengembangan e-Modul Berbasis Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMP Kelas VII. Edu-Sains, 8(2), 11–17.

Maisarah Azizah, I. M. A. (2021). Pengembangan Modul Computational Fluid Dynamics Di Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya, 37–42.

Muliatna, E. F. & I. M. (2017). Pengembangan Modul Trainer Sistem Penerangan Pada Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Raden Patah Mojokerto.

Mulyadi, S. (2011). Analisa Tegangan-Regangan Produk Tongkat Lansia Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. Jurnal Rotor, 4, 1.

Nasution, M. N. (2020). Analisak Ekerasan Dan Struktur Mikro Baja Aisi1020 Terhadap Perlakuan Carburizing Dengan Arang Batok Kelapa. Buletin Utama Teknik, 15(2), 165.

Priyanto, K., Palmiyanto, M. H., Priyambodo, B. H., & Cahyono, E. (2023). Studi Variasi Temperatur Hardening Terhadap Kekerasan Baja Aisi 4340 Melalui Jominy Test. Teknika, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.52561/teknika.v8i1.205

Purnomo, A. J., Karsono, & Suharmanto, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning Berbantuan Modul Pada Kompetensi Mengunakan Alat-Alat Ukur (Measuring Tools). 1(1), 115–124.

Rizki, M. A., Razi, M., & Bukhari, B. (2022). Pengaruh Proses Pack Carburizing Dengan Variasi Temparatur Dan Karbon Aktif Terhadap Kekerasan Permukaan Baja Aisi 1020. Jurnal Mesin Sains Terapan, 6(2), 63–67. http://e-jurnal.pnl.ac.id/mesinsainsterapan/article/view/3323

Roesanto, Q. L., & Ciptandi, F. (2018). Pengaplikasian Material Thermoplastic Rubber sebagai Produk Aksesoris Fesyen. Jurnal ATRAT, 6(3), 254–260.

Salsabila, A. H., Iriani, T., & Sri Handoyo, S. (2023). Penerapan Model 4D Dalam Pengembangan Video Pembelajaran Pada Keterampilan Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 495–505. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.553

Suanto, E., Armis, A., & Suhermi, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berazaskan Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemahiran Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1300–1310. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.365

Wibowo, A. D., Wijayanto, S., & Harjanto, B. (2013). Pengaruh Variasi Jenis Cetakan Dan Penambahan Serbuk Dry Cell Bekas Terhadap Porositas Hasil Remelting Al-9%Si Berbasis Piston Bekas. Jurnal Ilmiah Jurusan Teknik Mesin, 1(3).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v7i1.75755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats