PROBLEMATIKA GURU TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF (TKRO) DI SMK PELAKSANA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KATEGORI MANDIRI BERUBAH
Agus Budiman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Wardan Suyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bambang Sulistyo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Priti Priti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Satria Pangestu, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Olga Satria Tri Utama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Laksono Tejo Pawoko, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Feri Dian Pratama, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika Guru Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di salah satu SMK Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Kategori Mandiri Berubah. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Responden berjumlah 4 orang yang terdiri dari Waka Kurikulum, Kaproli TKRO, dan 2 Guru TKRO yang mengampu Mata Pelajaran Kejuruan di Kelas 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TKRO menghadapi beberapa permasalaha, yaitu: 1) Kurangnya Dukungan dari Kemendikbudristek dan Dinas Pendidikan Provinsi DIY, 2) Kurangnya Pemahaman terhadap Konsep dan Filosofi Kurikulum Merdeka, dan 3) Kesulitan dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, Inayatul. (2023). EFL Teachers’ Challenges in Implementing the Independent Curriculum: A Case Study at SMA Negeri 8 Malang. Skripsi. University of Islam Malang.
Arifiani, I. K., Umami, N. (2023). Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 1 Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, Vol. 1, No. 8 August 2023, hal. 872-878. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.767
Hoftijzer, M., Levin, V., Santos, I., & Weber, M. (2020). TVET in the Times of COVID-19: Challenges and Opportunities. https://documents1.worldbank.org/curated/en/930861589486276271/pdf/TVET-Systems-response-to-COVID-19-Challenges-and-Opportunities.pdf
ILO. (2021). Skills Development in the Time of COVID-19: Taking Stock of the Initial Responses in Technical and Vocational Education and Training. Geneva: International Labour Organization.
Kemdikbudristek. (2022). Surat Edaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek telah menerbitkan Nomor 2774/H.H1/KR.00.01/2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023.
Molato-Gayares, Rhea et al. (2022). How to Recover Learning Losses from COVID-19 School Closures in Asia and the Pacific. DOI: http://dx.doi.org/10.22617/BRF220301-2
Nasution, Abdul Fattah. (2023). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, Vol. 05, No. 04, Mei-Agustus 2023, hal. 17308- 17313.
Palestina, R. L., Pangan, A. D., & Ancho, I. V. (2020). Curriculum implementation facilitating and hindering factors: The Philippines context. International Journal of Education, 13(2), 91-92. doi: 10.17509/ije.v13i2.25340
Priestley, M. (2010). Schools, teachers, and curriculum change: A balancing act? Journal of Educational Change, 12(1), 1–23. doi:10.1007/s10833-010-9140-z
Putri, Nurul Insani., Sabrina, Syania Icha., Budiman, Nanang., Utami, Wulan Tri Puji. 2023. Hambatan Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran di SD Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of Elementary Education Vol. 5, No.1, Juli 2023, hal. 51-60.
Sari, A D P., Ahadin, Fauzi. (2023). Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, Vol.8 , No 2, Mei, 2023, hal. 60-68.
Syarifudin. (2023). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar, Studi Kasus 5 Madrasah Ibtidaiyah (MIN & MIS) Manggarai Barat. Jurnal Edunet, Vol. 1, No. 1, 2023, hal 32-42.
Sitoningrum, Niken Dwi. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar: Pengertian, Tujuan, Karakteristik, hingga Keunggulannya. Diakses dari https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6823183/kurikulum-merdeka-belajar-pengertian-tujuan-karakteristik-hingga-keunggulannya pada tanggal 10 Novermber 2023.
Spink, J., Cloney, D., Berry, A. (2022). Studi Kesenjangan Pembelajaran 1 – Tak Sekedar Huruf dan Angka_Pengaruh Pandemi COVID-19 pada Kemampuan Literasi dan Numerasi Dasar Siswa di Indonesia. Jakarta: INOVASI.
Sunarni, Dan Karyono, Hari. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Journal On Education, Vol. 05, No. 02, Januari-Februari 2023, Hal. 1613-1620.
Surat Edaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek Nomor 2774/H.H1/KR.00.01/2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2022/2023
Tanggur, Femberianus Sunario. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Pedesaan Pulau Sumba. HINEF : JURNAL RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, Vol. 2 No. 2, Agustus 2023 hal. 23-29.
UNESCO. (2020). Don’t remediate, accelerate! Effective catch-up learning strategies: Evidence from the United States. Access: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374029
Warsihna, J., Ramdani, Z., Amri, A., Kembara, M. D., Steviano, I., Anas, Z., Anggraena, Y. (2023). Tantangan dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang SD: Sebuah Temuan Multi-Perspektif. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 11, No. 01, Juli 2023, hal. 296-311. DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v11n1.p296--311
Windayanti, Afnanda, Mihrab., Agustina, Ria., Kase, Emanuel B S., Safar, Muh., Mokodenseho, Sabil. (2023). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Journal on Education, Vol. 06, No. 01, September-Desember 2023, hal. 2056- 2063.
Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology Teachers’ Opportunities and Challenges in Facing “Merdeka Belajar” Curriculum in the Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732-753. doi: 10.33019/society.v8i2.234
Zulaiha, Siti., Meisin, Meisin., Meldina, Tika. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 9 No 2; hal. 163-177. doi:10.3390/su12104306.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v6i1.67853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by
Supported by:
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.