Penguatan profil pelajar Pancasila dalam pandangan perenialisme dan progresivisme

Fasiha Fatmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rukiyati Rukiyati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mulyo Prabowo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Perubahan teknologi yang cepat mendorong terjadinya revolusi industri 4.0 dan terbentuknya era society 5.0. Menghadapi perubahan tersebut, Indonesia perlu menyiapkan generasi muda yang berkualitas dan berkarakter. Visi dan misi pendidikan di Indonesia digambarkan dalam profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proyek penguatan profil pelajar Pancasila dari sudut pandang filsafat pendidikan progresivisme dan perenialisme. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur dari buku dan artikel jurnal terindeks, baik nasional maupun internasional. Beberapa tahap yang dilakukan yaitu eligibility, screening, identification, dan analyze. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam profil pelajar Pancasila terdapat nilai-nilai yang menjadi tujuan pendidikan aliran filsafat pendidikan perenialisme dan progresivisme. Bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai ketuhanan, moral, dan sosial untuk dijaga yang merupakan ciri filsafat pendidikan perenialisme. Untuk dapat mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi secara global, maka Indonesia juga menerapkan pendidikan progresivisme yang tercermin dalam karakter berpikir kritis dan kreatif. Tujuan pendidikan aliran progresivisme dan perenialisme saling beririsan dan tergabung dalam profil pelajar Pancasila yang diharapkan dapat diinternalisasi oleh pelajar di Indonesia.

Abstract

Rapid technological changes led to the industrial revolution 4.0 and the formation of the era of society 5.0. Facing these changes, Indonesia needs to prepare a young generation with quality and character. The Pancasila student profile describes the vision and mission of education in Indonesia. This study aims to analyze the project to strengthen the Pancasila student profile from the perspective of progressivism and perennials' educational philosophy. This research was conducted using the literature study method from indexed books and journal articles, both nationally and internationally. There were several stages: eligibility, screening, identification, and analysis. The study results show that in the Pancasila student profile, values are the educational goals of the educational philosophy of perennials and progressivism. The Indonesian nation has divine, moral, and social values to uphold, which are the hallmarks of perennialist educational philosophy. To keep up with the global changes, Indonesia also applies progressivism education reflected in the character of critical and creative thinking. The educational goals of progressivism and perennials flow intersect and are incorporated in the profile of Pancasila students, which are expected to be internalized by students in Indonesia.


Keywords


Filsafat pendidikan; progresivisme; perenialisme; profil pelajar Pancasila; educational philosophy; progressivism; perennialism; Pancasila student profile



DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i2.56969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats