Strategi pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi (multiplatform) di masa pandemi Covid-19
Salsha Fairuz Putri Isa, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Siti Zahra Al Munawaroh, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Husen Windayana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis strategi pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi (multiplatform), yang menjadi populer di Indonesia selama pandemi Covid-19. Selama pandemi Covid-19 pemerintah menginstruksikan seluruh sekolah di Indonesia untuk melakukan pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan peneliti sebagai sumber instrumen. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan berdasarkan sumber referensi dari buku dan artikel jurnal dengan kata kunci strategi pengelolaan pembelajaran berbaisis teknologi (multiplatform) di masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu banyak hal untuk menyesuaikan proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 diantaranya yaitu dengan mengelola pembelajaran dengan basis teknologi atau multiplatform. Dengan adanya multiplatform ini, diharapkan proses pembelajaran dapat lebih mudah dan efisien, baik oleh guru sebagai pendidik dan peserta didik sebagai subjek dalam proses belajar mengajar. Strategi yang digunakan selama ini beberapa sudah diterapkan, diantaranya yaitu dengan menggunakan platform atau media sosial yang dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar, diantaranya WhatsApp, YouTube, Google Classroom, dan lain sebagainya. Namun, masih terdapat kekurangan dalam penggunaannya karena masih butuhnya waktu penyesuaian dan beberapa tenaga pendidik, serta siswa yang belum sepenuhnya paham akan hal ini.
Abstract
This study aims to analyze the technology-based learning management strategy (multiplatform), which became popular in Indonesia during the Covid-19 pandemic. During the Covid-19 pandemic, the government instructed all schools in Indonesia to conduct online learning. This research method is descriptive qualitative, with the researcher as the source of the instrument. Data collection techniques using literature studies based on reference sources from books and journal articles with the keywords technology-based learning management strategy (multiplatform) during the Covid-19 pandemic. The study results show that many things are needed to adjust the learning process during the Covid-19 pandemic, including managing learning on a technology/multiplatform basis. With this multiplatform, it is hoped that the learning process can be easier and more efficient, both by teachers as educators and students as subjects in the teaching and learning process. Some of the strategies used so far have been implemented, including using platforms or social media that can support the teaching and learning process, including WhatsApp, YouTube, Google Classroom, etc. However, there are still shortcomings in its use because it still takes time to adjust, and some educators and students do not fully understand this.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrian, Q. J., & Apriyanti, A. (2019). Game edukasi pembelajaran matematika untuk anak SD kelas 1 dan 2 berbasis Android. Jurnal TEKNOINFO, 13(1), 51–54. https://doi.org/10.33365/jti.v13i1.159
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476
Darmawan, D., Suryadi, E., & Wahyudin, D. (2019). Smart digital for mobile communication through TVUPI streaming for higher education. International Association of Online Engineering, 13(5), 30–46. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i05.10286
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang panduan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820
Kusniyati, T., & Putrie, C. A. R. (2021). Pengaruh PJJ terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Walisongo Bekasi. RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION, 7(2), 383–392. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.10131
Kutsiyyah, K. (2021). Analisis fenomena pembelajaran daring pada masa pandemi (harapan menuju blended learning). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1460–1469. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.580
Latifa, N. A., Lufri, L., & Zulyusri, Z. (2021). The problem of online learning in Covid-19 toward learning process. Bioeducation Journal, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.24036/bioedu.v5i1.292
Prihantini, P., & Rustini, T. (2020). Dasar teori dan penerapannya pada satuan pendidikan jenjang Dikdasmen. Pustaka Amma Alamia.
Rusman, R. (2011). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. RajaGrafindo Persada.
Smith, B. L., & MacGregor, J. (1992). Collaborative learning: A soucebook for higher education. https://www.evergreen.edu/sites/default/files/facultydevelopment/docs/WhatisCollaborativeLearning.pdf
Sugiyono, S. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaiful, M., Sayyi, A., & Rosyid, M. Z. (2021). Arah baru Pendidikan Islam di sekolah pada era kenormalan baru. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 193–203. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4286
Syarfuni, S., Za, M., & Iswandi, A. (2021). Online learning in pandemic era: Readiness and obstacles English teachers. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education (AJMAEE), 1(2), 127–132. http://almufi.com/index.php/AJMAEE/article/view/103
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran berbasis online “Zoom” pada kesiapan belajar mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Research And Development Journal Of Education (RDJE), 7(1), 215–225. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9329
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.45723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License