Format of multicultural education for early children age in the formation of tolerance character
Nilawati Nilawati, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda, Indonesia
Nopian Gustari, Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baraja, A. (2005). Psikologi perkembangan: Tahapan-tahapan & aspek-aspeknya. Darul Falah.
Budiyono, S., & Santosa, G. B. (2018). Language education and education challenges in the mondial era. Proceedings of the Fourth Prasasti International Seminar on Linguistics (Prasasti 2018), 302–306. https://doi.org/10.2991/prasasti-18.2018.57
Danoebroto, S. W. (2012). Model pembelajaran matematika berbasis pendidikan multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), 94–107. https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1054
Daradjat, Z. (1994). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Ruhama.
Desmita, D. (2015). Psikologi perkembangan. Remaja Rosdakarya.
Djazifah, E. R. N. (2007). Keluarga sebagai titik awal perkembangan sosial anak usia dini (sebuah kajian sosiologis). Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(11), 23–42. https://journal.uny.ac.id/index.php/diklus/article/view/5773
Fitri, W. (2015). Pluralisme di tengah masyarakat santri minang sebuah sebuah pengenalan pluralitas lokal di Sumatera Barat. Islam Realitas: Journal of Islamic and Social Studies, 1(1), 55–68. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v1i1.12
Gutama, G. (2013). Buku data PAUDNI tahun 2012. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini. http://repositori.kemdikbud.go.id/656/1/BUKU DATA 2012-REV130114.pdf
Ibung, D. (2009). Nilai-nilai moral pada anak. Elex Media Komputindo.
Kurniasih, I. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Edukasia.
Laely, T. A., & Aerin, W. (2019). Pengembangan keterampilan berbahasa lisan anak tunarungu melalui terapi bermain di TK Masyitoh Talang Tegal. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 4, 319–326. http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/143
Menanamkan sikap toleransi pada anak. (2008, December 20). Republika. https://www.republika.co.id/berita/21420/menanamkan-sikap-toleransi-pada-anak
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter : Menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Rakhmat, J. (2013). Psikologi Agama : Sebuah pengantar. Mizan Pustaka.
Saavedra, J. (2020). Educational challenges and opportunities of the Coronavirus (COVID-19) pandemic. Blogs.Worldbank.Org. https://blogs.worldbank.org/education/educational-challenges-and-opportunities-covid-19-pandemic
Samani, M., & Hariyanto, H. (2012). Konsep dan model pendidikan karakter (3rd ed.). Remaja Rosdakarya.
Sanaky, H. A. H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Kaukaba Dipantara.
Soraya, S. (2013). Studi eksperimen penggunaan media diversity doll dan media gambar sebagai penanaman sikap toleransi anak usia 4-6 tahun di Raudhotul Athfal 02 Mangunsari Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 37–42. https://doi.org/10.15294/IJECES.V2I2.9239
Suradi, A. (2017). Globalisasi dan respon Pendidikan Agama Islam di sekolah. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (e-Journal), 7(2), 247–266. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2364
Suryabrata, S. (2006). Psikologi pendidikan. RajaGrafindo.
Syamsuddin, M., Kuswara, K., Iskandar, H., Kusmiadi, A., & Harrisskandar, H. (2015). Sejarah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.
Tafsir, A. (2004). Cakrawala pemikiran Pendidikan Islam. Mimbar Pustaka.
Tilaar, H. A. R. (1999). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia (M. Mukhlis (Ed.)). Remaja Rosdakarya.
Waluyo, A. (2010). Membangun karakter melalui pendidikan sejak usia dini. Universitas Negeri Semarang. http://paud.unnes.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=6:membangun-karakter-melalui-pendidikan-sejak-usia-dini-&catid=3:news
Yati, P. (2016). Pendidikan karakter anak usia dini melalui metode pembelajaran field trip. LENTERA, 18(1), 123–139. https://doi.org/10.21093/lj.v18i1.578
Zuchdi, D. (2009). Pendidikan karakter : Grand design dan nilai-nilai target. UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.38976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License