Kajian reflektif: Relevansi pendidikan humanis-religius dalam menghadapi era revolusi industri 4.0

Rohmatun Lukluk Isnaini, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan humanis-religius secara reflektif dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Data dikumpulkan dengan teknik library research (penelitian pustaka). Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan melalui pemaparan suatu pemikiran, pendapat para ahli (Ki Hajar Dewantara dan Prof. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D.) atau fenomena yang ada dalam kehidupan masyarakat. Hasilnya menyebutkan bahwa pendidikan humanis-religius akan terus relevan dengan berbagai perubahan zaman, terutama dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Hal ini dikarenakan pendidikan humanis-religius merupakan dasar pondasi dalam kehidupan setiap insan untuk menjadikannya manusia yang berkarakter baik, tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga mampu bersikap humanis terhadap sesama dengan landasan agama. Sikap humanis dan religius akan dibutuhkan pada setiap masa oleh manusia, oleh karenanya melalui pendidikan humanis-religius akan ada keseimbangan antara kemajuan intelektual untuk sosial kemasyarakatan, sehingga dapat menghasilkan generasi-generasi yang berkarakter kuat secara humanis dan religius dengan segala potensi yang dimilikinya dan diorientasikan untuk kemashlahatan umat untuk meraih kebahagiaan bagi kehidupan

 

Abstract

This research aims to examine reflective humanist-religious education in the face of the industrial revolution era 4.0. Data collected by library research techniques (library research). The collected data is then analyzed qualitatively using a descriptive approach. Data analysis is carried out through the presentation of thought, opinion of experts (Ki Hajar Dewantara and Prof. Abdurrahman Mas'ud, Ph.D.) or phenomena that exist in people's lives. The results state that humanist-religious education will continue to be relevant to the changing times, especially in the face of the industrial revolution 4.0. This is because humanist-religious education is the basic foundation in the life of every human being to make him a human with good character not only for himself but also able to be humane towards others with a religious foundation. Humanist and religious attitudes will be needed at all times by humans. Therefore, through humanist-religious education, there will be a balance between intellectual progress for social society so that it can produce generations of people who have strong human and religious characteristics with all the potential they have and are oriented to the benefit of the people to achieve happiness for life.


Keywords


Pendidikan; humanis; religius; revolusi industri 4.0; education; humanists; religious; industrial revolution 4.0

Full Text:

PDF

References


Clarke, D., Murphy, C., & Lorenzoni, I. (2018). Place attachment, disruption, and transformative adaptation. Journal of Environmental Psychology, 55, 81-89. Doi: https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2017.12.006

Dewantara, K. H. (2004). Bagian Pertama: Pendidikan (Cetakan ke-3). Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa (MLPTS).

Guha, M. (2013). Education in a Tagorean perspective. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2(12), 35-41.

Hibana, H., Kuntoro, S. A., & Sutrisno, S. (2015). Pengembangan pendidikan humanis religius di madrasah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(1), 19-30. Doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.5922

Mantra, B. I. (2008). Filsafat penelitian & metode peneliian sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mas’ud, A. (2002). Menggagas format pendidikan nondikotomik: Humanisme religius sebagai paradigma pendidikan Islam. Yogyakarta. Gama Media.

Mas’ud, A. (2003). Menuju paradigma Islam humanis. Yogyakarta: Gama Media.

Mas’ud, A. (2006). Dari haramain ke nusantara: Jejak intelektual arsitek pesantren. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Mas’ud, A. (2011) Humanisme religius sebagai paradigma pendidikan Islam, Jurnal Penelitian Walisongo, 17(1).

Moleong, L. J. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Muhadjir, H. N. (1998). Filsafat ilmu: Telaah sistematis fungsional komparatif. Rake Sarasin.

Muthoifin, M. (2015). Pemikiran pendidikan multikultural Ki Hadjar Dewantara. Intizar: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 21(2), 299-320.

Nurozi, A. (2016). Relevansi dan integrasi konsep pendidikan Islam humanis religius dalam sistem pendidikan nasional. Jurnal eL-Tarbawi, 9(2), 163-174. Doi: https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol9iss2.art5

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Saksono, G. I. (2008). Pendidikan yang memerdekakan siswa. Yogyakarta: Rumah Belajar Yabinkas.

Samuel, F. A. (2010). Tagore's vision of international education: Relevance and implications for today. The Educational Forum Journal, 75(4), 347-356. Doi: https://doi.org/10.1080/00131725.2010.507103

Samuel, F. A. (2011). Educational visions from two continents: What Tagore adds to the Deweyan perspective. Educational Philosophy And Theory, 43(10), 1161-1174. Doi: https://doi.org/10.1111/j.1469-5812.2010.00648.x

Subasman, I. (2019). Peran evaluasi pendidikan pada era disrupsi. Doi: https://doi.org/10.31227/osf.io/z9vny

Sukartono, S. (2018). Revolusi industri 4.0 dan dampaknya terhadap pendidikan di Indonesia. Retrieved from http://pgsd.ums.ac.id/wp-content/uploads/sites/73/2018/12/Materi-Sukartono.pdf

Sutardi, T. (2007). Antropologi: Mengungkap keragaman budaya. Grafindo Media Pratama.

Suyatno, S. (2012). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan humanis religious. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats