Analisis hubungan rasa ingin tahu dengan hasil belajar IPA

Nehru Nehru, Universitas Jambi, Indonesia
Erika Irianti, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjabarkan dan menentukan hubungan atau pengaruh rasa ingin tahu terhadap hasil belajar IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian statistik deskriptif dengan metode campuran yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik di sekolah menengah pertama kelas VII. Penggambilan data menggunakan instrumen angket dan soal tes pilihan ganda. Instrumen yang digunakan merupakan angket rasa ingin tahu sementara soal tes yang diberikan kepada peserta didik merupakan soal pilihan ganda untuk kelas VII pada pokok bahasan besaran dan pengukuran. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS untuk mengolah data. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah uji korelasi nonparametrik Kendall’s Tau hal ini karena data terdistribusi normal namun tidak linear. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang didapat peneliti hasilnya tidak terdapat hubungan antara rasa ingin tahu terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama pada pokok bahasan besaran dan pengukuran. Tidak ada korelasi antara kedua variabel yang diteliti dibuktikan setelah uji korelasi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,101 yang artinya lebih besar dari 0,05.

 

Abstract

This research was carried out with the aim of describing and determining the relationship or influence of curiosity on science learning outcomes at the junior high school level. The research carried out is descriptive statistical research with mixed methods namely qualitative methods and quantitative methods. The study population was students in VII grade junior high school. Retrieving data using questionnaire instruments and multiple-choice test questions. The instrument used was a curiosity questionnaire while the test questions given to students were multiple-choice questions for class VII on the subject of magnitude and measurement. Data analysis uses the help of SPSS software to process data. The test used in this study is the nonparametric correlation test Kendall’s Tau this is because the data is normally distributed but not linear. Based on the research and data analysis obtained by the researcher, the result is that there is no relationship between curiosity towards the results of junior high school student learning on the subject of magnitude and measurement. There is no correlation between the two variables studied proved after the correlation test obtained a significance value of 0.101, which means greater than 0.05.


Keywords


Hasil belajar IPA; rasa ingin tahu; Sekolah Menengah Pertama; science learning outcomes; curiosity; Junior High School

Full Text:

PDF

References


Ahman, E., & Indriani, E. (2007). Ekonomi dan akuntansi: Membina kompetensi ekonomi. PT Grafindo Media Pratama.

Artaya, I. P., & Arimbawa, I. G. (2018). Penarapan metode korelasi dalam mengukur hubungan antara customer relationship dengan customer loyality Pada PT Antika Raya Surabaya. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 1(1), 50-63. Doi: http://dx.doi.org/10.26740/bisma.v1n1.p50-63

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti, A. (2019). Sikap terhadap mata pelajaran ipa di smp se-kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 214-227. Doi: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i7

Hermawan, A., Aminoto, C., & Septiwi, C. (2011). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan masyarakat berobat di Puskesmas Kecamatan Buayan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 7(2), 91-100.

Imron, A., & Burhanuddin, B. (2003). Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif Dan Aplikasinya Dalam Institusi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kompri, K. (2015). Manajemen pendidikan 1. Bandung: Alfabeta.

Marlina, A. D., & Sugito, S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik integratif. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 6(2), 121-131. Doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i2.23631

Maryuliana, M., Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di Sekolah Menengah Atas menggunakan skala Likert. Transistor: Elektro dan Informatika, 1(1), 1-12. Doi: http://dx.doi.org/10.30659/ei.1.1.1-12

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model STAD dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 12-17. Doi: https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2504

Ningsih, T., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2015). Implementasi pendidikan karakter di SMP Negeri 8 dan SMP Negeri 9 Purwokerto. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(2), 225-236. Doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i2.9811

Nugroho, S., Akbar, S., & Vusvitasari, R. (2008). Kajian hubungan koefisien korelasi Pearson (r), Spearman-rho (?), Kendall-Tau (?), Gamma (G), dan Somers. GRADIEN: Jurnal Ilmiah MIPA, 4(2), 372-381.

Puspitasari, M. T. (2015). Upaya meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar akuntansi melalui pembelajaran kontekstual dengan metode Snowball Throwing pada siswa kelas X-Ak. 1 SMK Muhammadiyah 3 Gemolong tahun ajaran 2014/2015 (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Sebelas Maret, Indonesia.

Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). Mengukur rasa ingin tahu siswa (Measuring students' curiosity). Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151-164. Doi: http://dx.doi.org/10.19166/pji.v14i2.832

Riany, J., Fajar, M., & Lukman, M. P. (2016). Penerapan deep sentiment analysis pada angket penilaian terbuka menggunakan K-Nearest Neighbor. Jurnal SISFO: Inspirasi Profesional Sistem Informasi, 6(1). Doi: https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.09.011

Rismaningsih, F. (2016). Perbedaan penggunaan metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri dan verifikasi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(3), 98-108. Doi: http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9014

Santoso, S. (2018). Mahir statistik multivariat dengan SPSS. Elex Media Komputindo.

Sarjana, I. K. D., Margunayasa, I. G., & Sumantri, M. (2016). Pengaruh model pogil, gaya kognitif, dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). Doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7112

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2), 117-133. Doi: https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921

Tahar, I. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101.




DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo



Printed ISSN (p-ISSN): 2302-6383 | Online ISSN (e-ISSN): 2502-1648

Creative Commons License
Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi by https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats