Eksplorasi Kebutuhan Guru Terhadap Integrasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam E-Book Kimia Polimer

Authors

  • Erlita Nur Setyawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Rr. Lis Permana Sari Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.81639

Abstract


Perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka saat ini mendorong peserta didik untuk peka terhadap lingkungan, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran yang memfokuskan pada lingkungan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengeksplorasi karakteristik e-book kimia polimer berorientasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam konteks pembelajaran Kimia di SMA pada fase F. Melalui pendekatan berbasis teknologi, e-book yang dibutuhkan guru dapat menjadi media pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei eksploratif yang digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai kebutuhan e-book berorientasi Sustainable Development Goals (SDGs) pada materi polimer. Hasil survei menunjukkan bahwa guru kimia keterbatasan media pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan materi polimer terutama pada kurikulum merdeka. Sehingga, dibutuhkannya pengembangan media pembelajaran yang berorientasi pada SDGs serta media pembelajaran yang mampu menambah wawasan peserta didik terkait isu-isu global yang sedang terjadi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap inovasi media pembelajaran yang dibutuhkan oleh guru-guru kimia

Author Biographies

Erlita Nur Setyawati, Universitas Negeri Yogyakarta

Mahasiswa Program S1 Studi Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY

Rr. Lis Permana Sari, Universitas Negeri Yogyakarta

Dosen Program studi Pendidikan Kimia, FMIPA, UNY

References

Asih, H. M., & Fitriani, S. (2018). Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) Produksi Inovasi Ecobrick. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(2), 144. https://doi.org/10.23917/jiti.v17i2.6832

Aziza, A. N., & Sari, Rr. L. P. (2024). Exploration of Teacher Perspectives on the Integration of Sustainable Development Goals and Systems Thinking in Chemistry Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 36–43. https://doi.org/10.21831/jpms.v12i1.74895

Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology , 2(2), 119–128.

Danardono, A., Betta Rudibyani, R., Sofya FKIP Universitas Lampung, E., Soemantri Brojonegoro No, J., & Lampung, B. (2019). Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (Vol. 8, Issue 3). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/

Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1), 16–21.

Hayudinna, H. G. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Madaniyah. 8(2), 189–202.

Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan Kearifan Etnik Dalam Mengembangkan Karakter. EduHumaniora. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1).

Humaida, N., Aula Sa'adah, M., Huriyah, H., & Hasanatun Nida, N. (2020). PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN BERWAWASAN LINGKUNGAN (SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS) DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 131. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3483

Koriaty, S., & Manggala, E. (2016). Penerapan Media E-Book Terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas X Jurusan TKJ SMK Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 5(2), 237–246.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing.

Ragawanto, S. T. (2013). Pengembangan Media Web Moodle Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Bab Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Periferal untuk Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(3).

Suryani, E., & Khoiriyah, I. (2018). Pemanfaatan E-Book Sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 177–184.

Downloads

Published

2025-02-06

How to Cite

Setyawati, E. N., & Sari, R. L. P. (2025). Eksplorasi Kebutuhan Guru Terhadap Integrasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam E-Book Kimia Polimer. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 13(1), 87–94. https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.81639