Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Menggunakan Konteks Jajanan Sekolah
Zulkardi Zulkardi, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Ely Susanti, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Meryansumayeka Meryansumayeka, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi perbandingan menggunakan konteks jajanan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya ialah 22 siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tungkal Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis dan wawancara. Tes yang diberikan berupa 2 soal dengan menggunakan konteks jajanan sekolah. Indikator yang digunakan pada soal adalah representasi visual (gambar), representasi verbal (kata-kata atau teks tertulis), dan representasi simbolik (angka dan simbol). Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, serta penarikan kesimpulan dari data yang telah dianalisis. Hasil dari penelitian ini adalah siswa yang mampu memenuhi indikator representasi visual dan representasi simbolik pada saat menyelesaikan soal dengan baik, sedangkan untuk representasi verbal dapat terselesaikan namun masih ada sedikit kesalahan, maka siswa tersebut dapat dikatakan pada kategori tinggi. Siswa yang sudah dapat menyelesaikan soal indikator representasi visual, representasi verbal, dan representasi simbolik namun masih terdapat beberapa kesalahan, maka dapat dikatakan siswa pada kategori sedang. Siswa yang masih belum mampu memenuhi indikator representasi visual, representasi verbal, dan representasi simbolik, maka dapat dikatakan siswa pada kategori rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Perbandingan, Konteks Jajanan Sekolah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan ditinjau dari gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151-162. doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.186
Altik, F (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Sultan Agung.
Arianti, F. (2021). Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran prepospec berbantuan tik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 4, 208-216. doi:https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45014
Bala, S. S., Zulfikar, R. N., & Aba, M. M. (2023). Jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab dalam penyelesaian masalah matematis dengan materi perbandingan pada siswa SMP Muhammadiyah Kupang kelas VII. MEGA - Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 652-658. doi:https://doi.org/10.59098/mega.v4i2.1266
Dewantara, A. H. (2018). Soal matematika model PISA: alternatif materi program pengayaan. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(1), 197-213. doi:http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.186
Dewi, E. N., Zulkardi, F., & Mail, Y. H. (2018). Pembelajaran materi perbandingan dengan menggunakan konteks tekwan di sekolah menengah pertama. Prosiding Seminar Nasional Stkip Pgri Sumatera Barat, 4(1), 185-191. url: http://econference.upgrisba.ac.id/index.php/matematika/hotskills/paper/view/164/54
Ditasona, C., Kartika, R. Y., & Lumbantoruan, J. H. (2022). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi perbandingan di SMPN 58 Jakarta kelas VII.2. EdumatSains, 7(1), 1-10. doi: https://doi.org/10.33541/edumatsains.v8i1.4615
Fajriah, N., Utami, C., & Mariyam. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi statistika. JERR - Journal Of Educational Review And Research, 3(1), 14-24.
Fitrisyah, M. A., Zulkardi, & Susanti, E. (2023). Analisis kemampuan representasi matematis peserta didik materi sistem persamaan linear pada soal konteks kuliner Palembang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 179-188. doi:https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14570
Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA kelas XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1093-1104. doi: https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1093-1104
Hartono, Firdaus, M., & Sipriyanti. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam materi fungsi dengan pendekatan open ended pada siswa kelas VIII MTs Sirajul Ulum Pontianak. Jurnal Eksponen, 9(1), 9-20. doi: https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.128
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210-218. doi:https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17629
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek Nomor 32 Tahun 2024 Tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada kurikulum Merdeka,135-137 (2024).
Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa SMP terhadap materi segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176. doi:http://dx.doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1094
Limbong, C. K., & Syahputra, E. (2024). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep, Prinsip, dan Prosedur Siswa Pada Materi Perbandingan. Journal of Student Research (JSR), 2(2), 17-30. doi: https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2702
Mubharokh, A. S., Zulkardi, Putri, R. I., & Susanti, E. (2022). Kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi penyajian data menggunakan pendidikan matematika realistik Indonesia. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 345-354. doi:https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9866
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 99-110. doi: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
Pangaribuan, F., Simamora, R., & Pangaribuan, L. R. (2023). Pengembangan soal matematika setara pisa pada konteks jajanan daerah Sumatera Utara. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 3791-3800. doi:https://doi.org/10.24815/jimps.v8i4.26553
Patandungan, E. B., Pitoy, C., & Tumalun, N. K. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student team achievement division) terhadap hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada materi perbandingan kelas VII SMP. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(2), 669-674. doi: https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1128
Ramanisa, H., Khairudin, & Netti, S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Jumadika), 2(1), 34-38. doi:https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page34-38
Sari, A. F., & Noviartati, K. (2022). Penggunaan konteks dalam implementasi pendidikan matematika realistik Indonesia oleh mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(2), 84-92. doi:https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4616
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1135-1142. doi:https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142
Sari, D. A., & Tauran, S. F. (2023). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi perbandingan berdasarkan gender. JPMI - Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(1), 73 - 80. Diambil kembali dari https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/download/4343/pdf
Sari, Nicky Maya. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika materi perbandingan kelas VII SMP Luhur Baladika. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 22-33.
Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483-492. doi:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.679
Solaikah, Afifah, D. S., & Suroto. (2013). Identifikasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 97-106. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/318967076
Suma, K., Rahimah, D., Yensy, N. A., Utari, T., & Siagian, T. A. (2024). Analisis kesalahan peserta didik berdasarkan nemwan error analysis dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 8(1), 1 -12. doi:http://dx.doi.org/10.33369/jp2ms.8.1.1-12
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234. doi: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.655
Susilo, C. Z., Susiswo, & Rahardjo, S. (2021). Kesalahan representasi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika materi perbandingan. JKPM - Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 5(2), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um076v5i22021p1-10
Warisi, K (2016). Representasi matematis berdasarkan tingkat kemampuan dalam memecahkan masalah sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Widjaja, W. (2013). The use of contextual problems to support mathematical learning. IndoMS-JME, 4(2), 151-159. doi:http://dx.doi.org/10.22342/jme.4.2.413.151-159
Yuanita, P., & Solfitri, T. (2014). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal matematika materi pokok bangun datar segiempat pada pelaksanaan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural think pair square (TPS). al-Khwarizmi, 2(2), 127-142.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.79495
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: