Sustainimation: Media Animasi Terintegrasi SDGs “Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab” pada Materi Perubahan Lingkungan
Rosita Putri Rahmi Haerani, Universitas Mulawarman, Indonesia
Erna Suhartini, Universitas Mulawarman, Indonesia
Abstract
Sampah masih menjadi masalah besar di Indonesia, mencerminkan pola konsumtif yang tidak ramah lingkungan. Sekolah dasar berperan penting dalam membentuk sikap peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses, kelayakan, serta respon pendidik dan peserta didik terhadap media yang dikembangkan. R&D digunakan dalam penelitian ini dan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 29 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket dari ahli media, ahli materi, respon pendidik, serta respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan media sangat layak dengan nilai rata-rata 86,66% dari ahli media, 91,66% dari ahli materi, 93,33% dari pendidik, dan 87,22% dari peserta didik. Media ini layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Peneliti merekomendasikan mempertimbangkan keterbatasan Animaker tanpa langganan serta mengeksplorasi platform lain. Pengguna disarankan memiliki koneksi internet stabil dan menggunakan PC atau mode desktop. Peneliti selanjutnya dapat mengintegrasikan SDGs dengan materi lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., Badelwaer, Y., & Nur, M. (2022). Pengembangan E – Modul IPA Terintegrasi Substainable Devolepment Goals ( SDGs ) untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa pada Topik Tata Surya. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 4(4), 216–224.
Asidiqi, D. F., & Adiputra, D. K. (2023). Pengaruh Media Animasi Flash terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1485–1492. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Fareza, H. I., & Zuhdi, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod dalam Materi Perkembangbiakan pada Tumbuhan Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52388
Gustini, H., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research, 10(1), 33–39. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/21396
Haerani, R. P. R., & Suhartini, E. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Platform Animaker Bagi Guru SDN 008 Sungai Kunjang. 4(2), 166–174.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237
Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di madrasah ibtidaiyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 700. https://doi.org/10.29210/1202323151
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Junirianto, F., Tapilouw, M. C., & Sucahyo, S. (2023). Climate Flashcard: Inovasi Pembelajaran IPA terintegrasi dengan SDGs “Climate Action” pada Materi Pemanasan Global. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(2), 100–109. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i2.351
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/
Luthfi, R. A., Sahari, S., Dwi, D., & Wenda, N. (2022). “Pengembangan Media Visual Tentara Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Sekolah Dasar.” Journal Basic of Education (AJBE), Vol. 7 1(1), 46–57.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565
Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 379–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4578
Razali, M. T., & Kurniawati. (2022). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Organisasi Kepemudaan (Studi Wilayah Lingkungan Parit Benut II Kelurahan Parit Benut). Jurnal Kemunting, 3(1), 647–659.
Rohmah, D. A., Hariyani, Y., & Arifin, Z. (2023). Pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap pemahaman dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas v sdn tanjung bumi 04. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 6547–6559. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8977
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa (Forming the Character of Caring for the Environment in Elementary School Students through Science Learning). Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(1), 207–212. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3382%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3382/2182
Suhartini, E., Ayu, W. I., & Ramli, B. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Materi Gaya Pada Siswa Kelas Iv Sdn 009 Sungai Kunjang. Kompetensi, 15(2), 225–232. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v15i2.73
Susilo, A. A. (2021). Video Animasi Sebagai Sarana Meningkatkan Semangat Belajar Mata Kuliah Media Pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Eduscience, 8(1), 30–38. https://doi.org/10.36987/jes.v8i1.2116
UNESCO. (2018). Issues and trends in education for sustainable development. In UNESCO Publishing Issues. https://doi.org/10.54675/yelo2332
Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa ndonesia. AL GHAZALI , Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.79074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: