PEMODELAN PENENTUAN KEASAMAN DAN KEBASAAN SUATU MOLEKUL MENGGUNAKAN SISTEM FUZZY BERDASARKAN DATA MUATAN H DAN N YANG DIPEROLEH DARI METODE SEMIEMPIRIK

Agus Maman Abadi,

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini untuk mendapatkan model penetuan keasaman dan kebasaan molekul berdasarkan muatan pada H untuk kelompok asam dan muatan pada N untuk kelompok basa menggunakan analisis metode regresi linear dan sistem fuzzy. berdasarkan data nilai pKa dan pKb hasil hitungan secara regresi linear maupun sistem samar kemudian dihitung besarnya selisih atau deviasi nilai pKa/pKb hitungan dengan pKa/pKb hasil eksperimen. hasil analisis menunjukkan bahwa permodelan dengan sistem fuzzy mempunyai tingkat kesalahan yang lebih kecil dibandingkan permodelan dengan metode regresi linear. kelebihan dari permodelan dengan sistem fuzzy adalah dapat diperoleh model sesuai dengan tingkat kesalahan yang diinginkan dengan cara memilih parameter yang sesuai pada model sistem fuzzy tersebut.

Kata kunci : sistem fuzzy, regresi linier, keasaman,kebasaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo