Deskripsi Berpikir Visual Siswa dalam Memahami Materi Geometri Menggunakan Geogebra Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika

Qarry Ayna, STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia
Dwi Ivayana Sari, STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir visual siswa dalam memahami materi geometri menggunakan geogebra. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan matematika oleh seluruh siswa perempuan kelas XII. Dari hasil tes ini akan dipilih satu dari masing-masing kategori siswa kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pengambilan data menggunakan tes berpikir visual yang dilanjutkan dengan wawancara. Indikator yang digunakan adalah indikator berpikir visual dalam memahami materi geometri dimana indikator ini adalah kombinasi dari indikator berpikir visual dan indikator pemahaman konsep berdasarkan kemiripan jenis kegiatannya. Indikator tersebut adalah looking (melihat), mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, seeing (mengenali), imagining (membayangkan) dan showing and telling (menunjukkan dan menjelaskan). Hasil penelitian subjek dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator, subjek dengan kemampuan sedang memenuhi 4 indikator kecuali mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu, sedangkan subjek dengan kemampuan matematika rendah memenuhi 3 indikator yaitu looking (melihat), seeing (mengenali) dan imagining (membayangkan).


Keywords


berpikir visual; geometri; geogebra; kemampuan matematika

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. H., & Zakaria, E. (2013). The effects of Van Hiele's phases of learning geometry on students’ degree of acquisition of Van Hiele levels. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 102, 251-266.

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Aini, S. D., & Hasanah, S. I. (2019). Berpikir Visual dan Memecahkan Masalah: Apakah Berbeda Berdasarkan Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 177-190.

Bolton, S. (2011). Decoding Visual Thinking. Paper presented at Naver Workshop Visualizing Creative Strategies, 18 April. Rio de Janeiro: Esdi.

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1), 9-18.

Fadilah, E. N., & Afifah, D. S. N. (2014). Kecerdasan visual-spasial siswa smp dalam memahami bangun ruang ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(2), 1-14.

Fitrianingsih, E. M., & Rizqoh, W. A. F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri.

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2020). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Listanti, D. R., & Mampouw, H. L. (2020). Profil pemecahan masalah geometri oleh siswa smp ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 365-379.

Meganingtyas, D. E. W. (2021). Pemanfaatan Software Cabri, GeoGebra, dan SketchUp sebagai Media Visualisasi Konsep Matematika pada Materi Geometri Ruang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 67-75.

Sari, J. R. R., & Faradiba, S. S. (2023). Pelatihan Aplikasi Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri Pada Siswa Smp Assa’idiyyah Kepanjen. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 1(3), 132-139.

Simbolon, A. K. (2020). Penggunaan Software Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri di SMPN2 Tanjung Morawa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1106-1114.

Situmorang, R. U., & Sopia, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Geometri Ruang. J-PiMat, 2(1), 168-174.

Solaikhah, Afifah, D. S. N., & Suroto. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 97–106.

Sundari, E., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Kemampuan Visual Thinking dalam Menyelesaikan Domain Soal PISA. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(2), 131-138.

Tarigan, A. I., Idayani, D., Kharis, S. A. A., Herlinawati, E., & Siregar, H. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Matematika dan Siswa SMA dengan Pemanfaatan Software GeoGebra. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 149-160.

Tegas, A. S. R. H., & Warmi, A. (2020). Kemampuan Berpikir Visual Siswa pada Materi Geometri. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).

Trisnawarni, E. C., & Yunianta, T. N. H. (2021). Proses Berpikir Visual Matematis Siswa Exstrovert Dan Introvert Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Tahapan Bulton. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 820-828.

Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., & Refando, A. (2020). Teori van Hiele dalam pembelajaran bangun datar. NUSANTARA, 2(2), 365-374.

Wahyuni, G., Destini, R., & Mujib, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Visual Siswa. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 5(2), 39-52.

Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).

Widodo, S. A., Darhim, & Ikhwanudin, T. (2018, January). Improving mathematical problem solving skills through visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, p. 012004). IOP Publishing.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i1.73252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo