Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis dalam Menyelesaikan Soal HOTS
Supiat Supiat, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa menggunakan kemampuan komunikasi matematis tertulis dalam memecahkan masalah HOTS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Metode pengumpulan data meliputi hasil observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini siswa dengan kategori tinggi dapat menulis,menganalisis,dan memahami informasi dengan benar dan tepat; mereka dapat mengubah konsep matematika ke dalam bahasa atau representasi matematika namun kurang tepat dalam melakukannya; mereka dapat menulis permodelan matematika dengan lengkap,runtut,dan benar; mereka dapat menulis kesimpulan jawaban dengan benar dan lengkap dalam bahasa mereka sendiri. Siswa dengan kategori sedang hanya dapat menulis permodelan matematika dengan lengkap, runtut tetapi terdapat kekeliruan dalam menuliskan simbol; mampu menuliskan kesimpulan jawaban dengan benar dan lengkap menggunakan bahasa nya sendiri. Siswa dengan kategori rendah hanya mampu membuat konsep matematika ke dalam bahasa atau representasi matematika namun kurang tepat dalam menuliskannya; mampu menulis permodelan matematika dengan lengkap,runtut,tetapi kurang benar.
Keywords
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In P. Rapanna (Ed.), CV. Syakir Media Press.
Amelia, F., & Trismawati, M. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Lisan dan Kemampuan Pemahaman Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1), 10–20.
Angateeah, K. S. (2017). An Investigation of Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Word Problem at Lower Secondary. International Journal of Learning, 3(1), 46–50. https://doi.org/10.18178/IJLT.3.1.46-50
Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550
Ansari, B. I. (2018). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi.
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Bui Phuong Uyen, Duong Huu Tong, N. T. B. T. (2021). Developing Mathematical Communication Skills for Students in Grade 8 in Teaching Congruent Triangle Topics. European Journal of Educational Research, 8(4), 999–1011. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1287
Fauziah, I., Maarif, S., & Pradipta, T. R. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Regulated Learning Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Analisa, 4(2), 90–98. https://doi.org/10.15575/ja.v4i2.3916
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 5(1), 8–15.
Herutomo, R. A. (2017). Miskonsepsi Aljabar: Konteks Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp. Journal Of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–8.
Hidayati, A. U., & Retnawati, H. (2018). Keefektifan Pendekatan PBL Dan Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari HOTS Dan Karakter. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 70–82.
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116
Ikhtiar, M. A., Sudirman, S., & Hidayanto, E. (2021). Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 14. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8398
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036
Karsono. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBASIS HOTS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 50–57.
Lubis, A. N., & Dewi, I. (2023). Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.A. 2022/2023. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 562–579. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2067
Mandasari, R., Chandra, T. D., & Dwiyana. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah. Jurnal Pendidikan, 3(1), 838–850.
Meiliyah, A., & Setianingsih, R. (2019). Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Mathedunesa, 8(2), 318–327.
Milenia, D., Resti, N. C., Rahayu, D. S., & Kediri, I. (2022). Kemampuan Siswa Smp Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Hots Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 100–108.
Mumtaha, N., & Aripin, U. (2022). Mathematics Communication Ability of Junior High School Students based on Gender in Terms of Solo Taxonomy. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 4(4), 188–197. https://doi.org/10.22460/jiml.v4i4.p188-197
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.
Nopiana, R., & Ratnaningsih, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Ditinjau Dari Motivasi Belajar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 233–242. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.7952
Pane, N. S., Jaya, I., & Lubis, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di Kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. 1–23.
Rassia, V. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Penerapan Lasswell Communication pada Siswa Kelas VIII SMPN 52 Bandung (Studi Eksperimen Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 52 Bandung). 13–30.
Rasyid, M. A. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika.
Rianti Rahmalia, Hajidin, & Ansari, B. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Numeracy, 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038
Saaroh, F., Abdul Aziz, T., & Antari Wijayanti, D. (2021). Analysis of Students’ Misconceptions on Solving Algebraic Contextual Problem. Risenologi, 6(1), 19–30. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61.165
Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hapipi, H. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 348–358. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.80
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Septiana, A. C., Kusmayati, T. A., & Fitriana, L. (2018). Mathematical communication skill of senior high school students based on their personality types. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012027
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Subadar. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter ( Ppk ) Berbasis Higher Order Thinking Skills ( Hots ). Jurnal Pedagogik, 04(01), 81–93.
Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berfikir dan Disposisi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Pendidikan Matematika, 14.
Suyitno, A. (2015). Learning Therapy For Students in Mathematics Communication Correctly Based-on Application of Newman Procedure (a Case of Indonesian Student). International Journal of Education and Research, 3(1), 529–538.
Syasri, S. I. R., Hasanuddin, & Noviarni. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Probing-Prompting untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 171. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5642
Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 173–184. https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18618
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 97–104. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i3.7153
Yana, N., Masykur, R., & Ganda Putra, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.21444
Yulianingsih, S. A., Supiat, & Soenarto, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantu Software Wingeom terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.72721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: