Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Penyusunan Laporan Praktikum Fisika SMP Berbasis Inkuiri
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7232Keywords:
penilaian kinerja, laporan praktikum fisika, inkuiriAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian kinerja penyusunan laporan praktikum Fisika SMP berbasis inkuiri untuk mengukur kemampuan penyusunan laporan. Instrumen penilaian kinerja peserta yang dikembangkan meliputi: rumusan learning continuum kemampuan penyusunan laporan praktikum, kisi-kisi instrumen, butir-butir penilaian kinerja, dan pedoman penskoran. Prosedur penelitian meliputi 3 tahapan, yaitu tahap perancangan instrumen, tahap uji coba instrumen, dan interpretasi hasil pengukuran. Perancangan instrumen meliputi kegiatan perumusan learning continuum, penyusunan kisi-kisi, penyusunan butir-butir penilaian kinerja, penyusunan pedoman penskoran, kegiatan telaah pakar melalui focused group discussion (FGD), melakukan revisi atas saran pakar, dan merakit instrumen penilaian kinerja penyusunan laporan praktikum sehingga siap diujicobakan. Uji coba dilakukan pada 54 responden dengan melibatkan tiga guru fisika sebagai rater. Interpretasi hasil pengukuran dimaksudkan untuk mendeskripsikan hasil pengukuran kemampuan penyusunan laporan praktikum fisika SMP di lokasi pengukuran. Telah diperoleh instrumen penilaian kinerja penyusunan laporan praktikum fisika SMP yang telah divalidasi melalui profesional judgement melalui FGD. Aspek yang diukur meliputi pernyataan masalah, desain eksperimen, pengumpulan dan penyajian data, analisis data, dan kesimpulan. Koefisien reliabilitas hasil ujicoba berkategori sangat baik dengan indeks Alpha-Cronbach sebesar 0.858. Dengan demikian, instrumen yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan penyusunan laporan praktikum fisika di SMP. Berdasarkan hasil pengukuran pada siswa di SMP 15 Yogyakarta diketahui bahwa kemampuan menyusun laporan praktikum fisika masih dominan pada kategori dua dan tiga dari empat tingkatan kategori.
Kata kunci: penilaian kinerja, laporan praktikum fisika, inkuiri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.