Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Topik Turunan Berdasarkan Teori APOS
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7231Keywords:
turunan, teori APOS, development studyAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Aktivitas Mahasiswa topik Turunan berdasarkan teori APOS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe development study. Tahap development (pengembangan), yaitu preliminary dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Kelas 1C Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang semester ganjil tahun akademik 2014/2015 sebanyak 38 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui walkthrough (expert reviews), dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa Lembar Aktivitas Mahasiswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.
Kata kunci: turunan, teori APOS, development study
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.