Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Topik Turunan Berdasarkan Teori APOS

Authors

  • Yunika Lestarianingsih Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang
  • Darmawijoyo Darmawijoyo Program Studi Matematika Universitas Sriwijaya
  • Yusuf Hartono Program Studi Matematika Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7231

Keywords:

turunan, teori APOS, development study

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Aktivitas Mahasiswa topik Turunan berdasarkan teori APOS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe development study. Tahap development (pengembangan), yaitu preliminary dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Kelas 1C Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang semester ganjil tahun akademik 2014/2015 sebanyak 38 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui walkthrough (expert reviews), dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa Lembar Aktivitas Mahasiswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Kata kunci: turunan, teori APOS, development study

Downloads

Published

2015-06-15

How to Cite

Lestarianingsih, Y., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2015). Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Topik Turunan Berdasarkan Teori APOS. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7231

Issue

Section

Articles