Pengembangan Strategi Pembelajaran Inovatif pada Perkuliahan Geometri untuk Membangun Karakter Mahasiswa

Sugiyono Sugiyono, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Endang Listyani, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Himmawati Puji Lestari, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Atmini Dhoruri, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Murdanu Murdanu, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran untuk perkuliahan Geometri Bidang. Strategi pembelajaran ini diwujudkan dalam bentuk Buku Panduan Perkuliahan Geometri Bidang untuk membangun karakter mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk mengembangkan strategi pembelajaran. Instrumen penelitian ini adalah angket karakter siswa, catatan lapangan, dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Pengembangan strategi pembelajaran yang disusun dalam bentuk buku panduan ini dilakukan melalui tahap: pemerikasaan pendahuluan, penyesuaian teoritis, analisis, uji empiris, dan analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran untuk membangun karakter mahasiswa merupakan pembelajaran yang memfasilitasi mahasiswa untuk menemukan, menyelidiki, dan mengeksplorasi konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika melalui kegiatan diskusi kelompok, presentasi, dan bertukar pendapat dengan kelompok lain. Kualitas strategi pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari aspek efektivitas dalam menumbuhkan karakter kerja sama dan tanggung jawab adalah baik dengan skor 80,1. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran ini adalah kesiapan mahasiswa dalam mempersiapkan materi yang dibahas di kelas.

Kata kunci: pengembangan, strategi pembelajaran, geometri bidang, karakter, kerja sama, tanggung jawab


Keywords


pengembangan; strategi pembelajaran; geometri bidang; karakter; kerja sama; tanggung jawab

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.7230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo