Pengaruh Aplikasi Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pembelajaran Tematik

Putri Maulidah Wulandari, Universitas Islam Jember, Indonesia
Prima Cristi Crismono, Universitas Islam Jember, Indonesia
Muhammad Ilyas, Universitas Islam Jember, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. hipotesis dalam penelitian ini adalah  media pembelajaran papan pintar perkalian  berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. proses pembelajaran dalam penelitian ini memanfaatkan penggunaan media pembelajaran dengan baik dan benar. Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dibutuhkan oleh siswa selain sumber belajar yang tersedia di ruang kelas. Kemampuan siswa untuk berpikir kreatif dapat ditingkatkan dengan menggunakan sumber belajar yang bersifat kontekstual. data penelitian dapat diperoleh dari soal pilihan ganda yang digunakan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan awal siswa pelajaran tematik materi matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasy Eksperimental  dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil analisis tentang bagaimana penggunaan media pembelajaran papan pintar memengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa telah menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat. kesimpulan dari penlitian ini adalah penggunaan media pembelajaran papan pintar perkalian berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.


Keywords


Berpikir kreatif; Media pembelajaran; Papan pintar perkalian

Full Text:

PDF

References


Abdul. 2019. Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik Dengan SPSS For Windows. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Abdullah, F. M., and I. K. Ismail. 2022. “The Effect of the Swartz Model in the Development of Lateral Thinking among Students of the Institute of Fine Arts in the Subject of Aesthetics.” Journal of Positive School ….

Ahmad, Waqar, Zuraina Ali, Muhammad Aslam Sipra, and Imtiaz Hassan Taj. 2017. “The Impact of Smartboard on Preparatory Year EFL Learners’ Motivation at a Saudi University.” Advances in Language and Literary Studies 8(3):172. doi: 10.7575/aiac.alls.v.8n.3p.172.

Chentiya, Chentiya, and Zulminiati Zulminiati. 2021. “Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun.” Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini 18(2):105–11. doi: 10.17509/edukids.v18i2.33992.

Crismono, Prima. 2023a. “Pengaruh Penggunaan Media Palintarmatika Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika 8(2):135–42. doi: 10.32528/gammath.v8i2.984.

Crismono, Prima. 2023b. “The Effect of Outdoor Learning on Students’ Attitudes in Mathematics Learning.” Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8(2).

Crismono, Prima Cristi. 2017. “Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 4(2):106–13. doi: 10.21831/jpms.v4i1.10111.

Crismono, Prima Cristi. 2023. Statistik Pendidikan: Untuk Penelitian Dengan Pendekatan Kuantitatif Baik Parametric Maupun Nonparametrik Dan Dilengkapi Dengan Penggunaan SPSS. Jember: UIJ Kyai Mojo.

Crismono, Prima Cristi, Hovi Abdillah, Musfiqurrohman, Uswatun Hasanah, and Riza Dwi Yuliandani. 2023. “Menerapkan Theory Of Planned Behavior Untuk Memahami Dan Memprediksi Perilaku Berpikir Lateral : Integrasi Kreativitas.” 8(2):105–15.

Crismono, Prima Cristi, Christine Wulandari Suryaningrum, and Tri Endang Jatmikowati. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika.” SIGMA 9(2):135–40.

Halid, A., and M. Ilyas. 2022. “Application of Scramble Learning Model on Class v Aqidah Akhlak Subjects in Mi Miftahul Ulum Wirowongso Ajung Jember.” Al-Ashr: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7(1):79–96.

Hidajat, Flavia Aurelia, Leny Dhianti Haeruman, Eti Dwi Wiraningsih, and Didik Sugeng Pambudi. 2023. “The Effect of Digital Technology Learning Based on Guided Discovery and Self-Regulated Learning Strategy on Mathematical Creativity.” International Journal of Information and Education Technology 13(3):535–43. doi: 10.18178/ijiet.2023.13.3.1836.

Hooijdonk, M. Van. 2022. “Examining the Assessment of Creativity with Generalizability Theory: An Analysis of Creative Problem Solving Assessment Tasks✰.” Thinking Skills and Creativity 43. doi: 10.1016/j.tsc.2021.100994.

Hussen, Saddam, Dinawati Trapsilasiwi, Didik Sugeng Pambudi, Lutfi Andriana, and Dhanar Dwi Hary Jatmiko. 2019. “Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient Berdasarkan Model Wallas Ditinjau Dari Adversity Quotient.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 07(1):340–49.

Ilyas, Muhammad. 2023. “Implementasi Metode Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP 11 Ma’arif Bangsalsari Tahun Ajaran 2021/2022.” FAJAR Jurnal Pendidikan Islam 3(1):96–110.

Ilyas, Muhammad, and Achmad Faisol. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar.” Jurnal UIJ Kyai Mojo 6(1):21–34.

Isroaty, Any, Sunardi Sunardi, Nurcholif Diah Sri Lestari, Didik Sugeng Pambudi, and Dian Kurniati. 2023. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Core Dengan Pendekatan Rme Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12(1):1141. doi: 10.24127/ajpm.v12i1.6732.

Kadir, Indriany A., Tedy Machmud, Kartin Usman, and Nancy Katili. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga.” Jambura Journal of Mathematics Education 3(2):128–38. doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.16388.

Leona, Nihayra L., Margreet J. H. van Koert, Maurits W. van der Molen, Judith E. Rispens, Jurgen Tijms, and Patrick Snellings. 2021. “Explaining Individual Differences in Young English Language Learners’ Vocabulary Knowledge: The Role of Extramural English Exposure and Motivation.” System 96:102402. doi: 10.1016/j.system.2020.102402.

Ndwandwe, Khanyisile Precious, Sylvia Manto Ramaligela, and Thokozani Isaac Mtshali. 2024. “The Effectiveness of Smartboards in Enhancing Technology Teachers’ Creativity.” African Perspectives of Research in Teaching and Learning Journal Issue 1 8(1):1–9.

Nihayati, N., Siti Khoiriyah, N. Nurmitasari, and Rahmatika Kayyis. 2022. “Mathematics Teaching Materials of Set Integrated with Islamic Values.” International Journal of Trends in Mathematics Education Research 5(2):174–79. doi: 10.33122/ijtmer.v5i2.152.

Prastowo, A. 2019. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rabkin, J. G. 2015. “Depression and Wish to Die in a Multicenter Cohort of ALS Patients.” Amyotrophic Lateral Sclerosis and Frontotemporal Degeneration 16(3):265–73. doi: 10.3109/21678421.2014.980428.

Rudy, Hisbiyatul, H. 2017. Media Pembelajaran. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Ruqoiyyah, S., Sukma Murni, and Linda. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta: Cv Tre Alea Jacta Padagogia.

Situmeang, Johana Neli, Lisbet Novianti Sihombing, and Selamat Triadil Saragih. 2023. “Pengaruh Media Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Tema 3 Subtema 1 Di Sd Negeri 091287 Panei Tongah Kabupaten Simalungun.” 1(4):227–35.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulasminah, Dwiyatmi, Abdul Hadis, and Dwi Wulandari. 2022. “Development of Smartboard Media to Improve Letter Recognition Ability for Students with Cerebral Palsy at Lutang State Special School.” Society 10(2):556–70. doi: 10.33019/society.v10i2.461.

Syaiful, Ahmad, Rijal Fiqhi, Didik Sugeng Pambudi, and Alfian Futuhul Hadi. 2023. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis Outdoor Learning Mathematics Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Universitas Jember.” 12(1):123–33.

Try, Gunawan. 2020. Motivasi Dalam Belajar Matematika. Gunung Sitoli: Guepedia.

Urban, K. 2023. “How Can We Measure Metacognition in Creative Problem-Solving? Standardization of the MCPS Scale.” Thinking Skills and Creativity 49. doi: 10.1016/j.tsc.2023.101345.

Waliyati, S. 2019. “The Analysis of Project Based Learning Implementation to Improve Students Creative Thinking Skill in Solving the Problem of Tiles Coloring Combination.” Journal of Physics: Conference Series 1211(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v12i2.72230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo