Efektivitas Penggunaan Edutainment Konseling Gizi terhadap Pemahaman Pemenuhan Gizi Seimbang pada Remaja Putri

Yuliati Yuliati, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia
Drajat Pramiadi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia
Tutiek Rahayu, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan edutainment berupa video dan komik konseling gizi terhadap pemenuhan gizi seimbang seimbang pada remaja putri.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif menggunakan desain pretest-posttest untuk menguji efektifitas edutainment antara media audio visual dengan media visual komik. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Pelaksanaan dilakukan pada Agustus-November 2014 bertempat di Kampus UPP 2 FIP UNY. Sampel adalah 64 remaja putri berumur 20-21 tahun berbadan sehat dan tidak sedang mengkonsumsi obat/suplemen, telah mengalami menstruasi dan yang menempuh mata kuliah Ilmu Kesehatan dan Gizi di Jurusan Pendidikan Guru PAUD FIP UNY 2014/2015. Instrumen penelitian menggunakan penggunaan soal pretest dan posttest masing-masing 20 butir yang disusun oleh tim peneliti. Teknik analisis data untuk menguji efektifitas media video dibandingkan dengan media komik digunakan rumus N-Gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan edutainment konseling gizi seimbang pada remaja putri untuk media video lebih efektif terhadap pemahaman tentang gizi seimbang remaja putri. Sedangkan media komik tidak efektif terhadap pemahaman tentang pemenuhan gizi seimbang yang diukur dari perbedaan besarnya N-Gain pretest dengan posttest video dan komik.

Kata kunci: edutainment konseling gizi, pemahaman, kebiasaan, gizi seimbang


Keywords


edutainment konseling gizi; pemahaman; kebiasaan; gizi seimbang

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo