Pengembangan Perangkat Fisika Berorientasi pada Scientific Approach untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan PPL di SMA

Juli Astono, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pujianto Pujianto, Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran fisika yang meliputi silabus, RPP, LKS, dan instrumen evaluasi yang berorientasi pada scientific approach. Adapun tujuan khusus penelitian ini, yaitu: (1) Mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran fisika yang dihasilkan mahasiswa calon guru fisika dalam kegiatan PPL sebagai produk hasil pengembangan dan (2) Mengetahui kemampuan saintifik siswa SMA setelah diterapkannya perangkat pembelajaran fisika berorientasi pada scientific approach sebagai produk hasil pengembangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan Empat Fase Perancangan Pengajaran Model Prosedural yang diadaptasi dari Four-D’s Model of Instructional Design dari Thiagarajan. Dalam model prosedural ini dikenal 4 (empat) fase pengembangan yakni: (1) definisi (define), (2) desain (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) uji coba (disseminate). Namun demikian, penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Pengembangan perangkat pembelajaran dimulai dari fase definisi (awal kegiatan), menuju ke arah fase desain, pengembangan, dan uji coba yang dalam prosesnya berlangsung secara prosedural dan melibatkan pihak-pihak calon pengguna, ahli dari bidang yang dikembangkan (subject matter experts), anggota tim dan instruktur, dan pembelajar. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan tes. Seluruh data dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan telah berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berorientasi pada scientific approach yang mampu mempersiapkan calon guru fisika sehingga memiliki kompetensi profesional dalam pembelajaran fisika berbasis saintifik sesuai Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis terhadap temuan-temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) perangkat pembelajaran berorientasi pada scientific approach yang dihasilkan mahasiswa calon guru fisika dalam kegiatan PPL telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil expert judgement validator maupun uji empirik di sekolah mitra PPL sebagai naracoba; dan (2) kemampuan saintifik siswa SMA menunjukkan bahwa aspek mengamati dan bertanya dalam rangka pemerolehan data masih rendah yang ditunjukkan dengan persentase keberhasilan pada rentang 50-60%.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, fisika, kurikulum 2013


Keywords


perangkat pembelajaran; pendekatan saintifik; fisika; kurikulum 2013

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo