Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Kognitif Siswa melalui Penerapan Media Permainan Monopoli pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri Surulangun

Kumala Sary, Yogyakarta State University, Indonesia
Dina - Dina, SMA Negeri Surulangun, Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar kognitif siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri Surulangun melalui penerapan media permainan monopoli kimia pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus terdiri empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X IPA 3 berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data  keaktifan belajar dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif dan hasil kognitif dianalisis berdasarkan data hasil kognitif siswa diambil setelah pembelajaran selesai. Instrument penelitian yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, LKS, soal tes kognitif, lembar observasi. Hasil penelitian setelah menggunakan media monopoli kimia pada K.D 3.5 sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 didapatkan hasil keaktifan siswa prasiklus 28,33%, siklus I 39,54%, siklus II 85,46%. Prestasi belajar kognitif siswa prasiklus 37,98%, siklus I 61,42%, siklus II 73,97% sehingga terjadi peningkatan keaktifan dan prestasi belajar kognitif siswa pada setiap siklusnya.


Keywords


monopoli kimia, prestasi belajar kognitif, keaktifan, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.67348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo