Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Kognitif Siswa melalui Penerapan Media Permainan Monopoli pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri Surulangun

Authors

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.67348

Keywords:

monopoli kimia, prestasi belajar kognitif, keaktifan, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar kognitif siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri Surulangun melalui penerapan media permainan monopoli kimia pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus terdiri empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian siswa kelas X IPA 3 berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data  keaktifan belajar dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif dan hasil kognitif dianalisis berdasarkan data hasil kognitif siswa diambil setelah pembelajaran selesai. Instrument penelitian yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, LKS, soal tes kognitif, lembar observasi. Hasil penelitian setelah menggunakan media monopoli kimia pada K.D 3.5 sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 didapatkan hasil keaktifan siswa prasiklus 28,33%, siklus I 39,54%, siklus II 85,46%. Prestasi belajar kognitif siswa prasiklus 37,98%, siklus I 61,42%, siklus II 73,97% sehingga terjadi peningkatan keaktifan dan prestasi belajar kognitif siswa pada setiap siklusnya.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Sary, K., & Dina, D. .-. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Kognitif Siswa melalui Penerapan Media Permainan Monopoli pada Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri Surulangun. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(2), 10–19. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.67348