Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Powerpoint dan Flip Pdf Corporate Pada Materi Alat Optik
Nana Nana, Universitas Siliwangi, Indonesia
Rifa'atul Maulidah, Universitas Siliwangi, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan E-Modul berbasis model pembelajaran Discovery Learning menggunakan Powerpoint dan Flip Pdf Coorporate pada materi Alat Optik. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data meggunakan wawancara kepada satu guru fisika SMA Negeri 1 taraju, angket uji validitas kepada tiga ahli, angket kepraktisan kepada 64 siswa SMA Negeri 1 Taraju dan satu guru fisika SMA Negeri 1 Taraju. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase validasi ahli materi sebesar 81% dengan kriteria sangat valid, persentase validasi ahli media sebesar 82% dengan kriteria sangat valid, persentase validasi ahli bahasa sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan siswa mendapatkan persentase 83% sedangkan hasil uji kepraktisan guru mendapatkan persentase 89% dengan kategori sangat praktis. E-Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Alat Optik, E-Modul, Flip Pdf Corporate, Powerpoint
Full Text:
PDFReferences
Agustin, R, D & Pratama, S. (2018). E-modul dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Flip PDF Profesional Pada Materi Persegi dan Persegi Panjang. Prosiding Seminar Nasional IKIP BUDI UTOMO (E-ISSN: 2774-163X
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research dan Development). Sumedang: Literasi Nusantara
Hodiyanto, Darma, Y., & Putra, S. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 323-334. DOI: https;//doi.org/10.21009/JEVET.0031.03.
Istiqomah, P., Werdhiana, I.K., & Wahyono, O. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Suhu Dan Kalor Pada Siswa Kelas X MAN 1 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 5 (3), 28-21. Tersedia pada: https://jurnal.untad.ac.id/jurnal /index./EPFT/article/view8868
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Nana, Surahman E. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding SNFA (Seminar Nasional dan Aplikasinya), 82-90
Nisa, H. A., Wahyu, R., & Putra, Y. (2020). Efektivitas E-modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25
Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 1(1). DOI: https://dx.doi.org//10.30.870/candrasangkala.vlil.756
Ridwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta: Alfabeta
Rofiq, A., Qiram, I., & Robiono, G. (2017). Media Musik dan Lagu Pada Proses Pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35-40. DOI: http://dx.doi.org /10.26737/jpdi.v2i2.330
Shinta, S., Fatmawati, S., & Nasir, M. (2020). Komparasi model problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan awal. Kappa Journal, 4(1).
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sujarwo, S., & Oktaviana, R. (2017). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas VII SMP N 37 Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islam, 3(1),33-42. DOI: https://doi .org/10.19109/psikis.v3il.1391
Tania, L, & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi. 5.2, 1– 9
DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.57157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
==========================================================================================================
Supervised by: