PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP

Authors

  • Sri Muliati Dumila STKIP Singkawang
  • Nurhayati Nurhayati STKIP Singkawang
  • Mariyam Mariyam STKIP Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.51504

Keywords:

Problem Posing, problem-solving ability, activity, implementation.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi persamaan linier satu variabel kelas VII SMP; untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi persamaan linier satu variabel kelas VII SMP;untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama pelaksanaan model pembelajaran problem posing pada materi persamaan linear satu variabel; untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran problem posing pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP. Teknik purposive sampling dengan pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Soal yang diberikan dalam bentuk essay yang terdiri dari 3 soal untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dengan validitas, realibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 20 Singkawang;Berpengaruh besar model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 20 Singkawang dengan nilai effect size yaitu 4,202;Terjadi perubahan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan hasil observasi menunjukkan bahwa jumlah siswa disetiap aktivitas meningkat terutama pada pertemuan kedua;Proses keterlaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran problem posing siswa kelas VII SMPN 20 Singkawang dari pertemuan pertama sampai terakhir berjalan dengan baik. 

References

Abu-Elwan, R. (2002). "Effectiveness of Problem Posing Strategies on Prospective Mathematics Teacher's Problem Solving Performance." Journal of Science and Mathematics Education in Southeadt Asia, 25 (1), 56-69.

Citroresmi, Nindy., dan Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 2 Nomor 1 Bulan Maret 2017.

Haryati, Sri. (2014). Hubungan Diri dan Interaksi Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Remaja Awal. Diakses dari laman web tanggal 1 Mei 2018 dari: http://eprints.ums.ac.id/31524/11/Naskah_Publikasi_tesis.pdf.

Juliana. Dkk. (2016). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Deskriptif, Universitas Cokroaminoto Palopo.

Mariyam, dkk. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based LearningBerbantuan Modul. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 3 Nomor 2 Bulan September 2018.

National Council Of Teachers Of Mathematics (NCTM). (2000). Curriculum And Evaluation Standards For School Mathematics. The National Councils Of Mathematics, INC.

Nurasih, Siti. (2017). Jurnal Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPN 1 Prambon Kelas VIII. Kediri: PGRI.

Polya. G. (1973) How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). New Jersey: PrincetonUniversityPress.Tersedia:https://notendur.hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf (20 Januari 2014).

Ritonga, Ester Cronica. (2018). Jurnal Efektivitas Model Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Negeri 3 ANGKOLA SELATAN. Tapanuli Selatan: IPTS.

Suherman, E. Dkk. (2003). Common Text book (edisi revisi) Strategis Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Trobroni & Mustofa. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.

Purnamasari. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk Pada Pokok Bahasan Peluang Analysis Of Math Problem Solving Ability Student Grade XI SMK Muhammadiyah I Patuk On Probability Discussion. Jurnal Deskriptif Kuantitatif.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Dumila, S. M., Nurhayati, N., & Mariyam, M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(2), 67–76. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.51504