Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Lectora Inspire: A Literature Riview

Annisa Kurnia Wahid, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Rahmadhani Fitri, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Muhyiatul Fadilah, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Perkembangan IPTEK di bidang pendidikan semakin pesat pemanfaatan media pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaraan merupakan suatu terobosan luar biasa. Salah satu media yang bisa dimanfaatkan yaitu dengan bahan ajar berbasis multimedia yaitu lectora inspire. Pembelajaran yang dapat menggunakan bahan ajar berbasis multimedia yaitu biologi, dimana pada pembelajaran biologi ini termasuk materi yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik. Tujuan penulusian artikel ini adalah untuk melakukan literature riview. Metode yang digunakan adalah literature riview yang bersumber dari google scholer. Berdasarkan hasil literature riview didapatkan hasil validasi ahli media dan hasil validasi ahli materi adalah valid atau media pembelajaran berbasis lectora inspire sangat layak digunakan pada materi pembelajaran biologi.


Full Text:

PDF

References


Amilia, H. F., et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Tema 3 Subtema 7 dengan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 213–224.https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p213-224

Desy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire. Orphanet Journal of Rare Diseases, Volume 21(1), 1–9.

Gusliani, G., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire 17 pada Materi Mamalia untuk Siswa Kelas X SMA. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, Volume 1(1), 23-33.

Hamidah, A., & Hakim, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire 17 Pada Materi Mamalia Untuk Siswa Kelas X Sma Developing Learning Media Using Lectora Inspire 17 in Mamalia Materials for Grade X High School Students. Journal of Biology Education Research, 1(1), 22725070.http://ejournal.metrouniv.ac.id/indelz

Joni, et al. (2020). Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi, Volume 1(1), 14–25.

Lasksani, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Listrik Dan Elektronika Berbasis Lectora Inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, Volume 7(2), 81-89.

Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

Otoluwa, Y., dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4041

Putri, dkk. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire dan PowToon pada Materi Fungsi Komposisi Kelas X SMA. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Volume 2(1), 660-666.

Ristiani, S. M. I., dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, Volume 5(1), 30-40.

Shalikhah, N. D., dkk (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, Volume20(1), 9-16.

Siamy, L., dkk. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal : Jurnal Matematika, Volume 1(1), 113–117

Ummi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Semester Ii Kelas X Sma Berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, Volume 6(1), 41. https://doi.org/10.26858/jnp.v6i1.6041




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.51330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Annisa Kurnia Wahid, Rahmadhani Fitri, Muhyiatul Fadilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo