Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Bencana Alam Bervisi SETS terhadap Sikap Tanggap bencana Siswa dalam Pembelajaran IPA

Hurriyah Hurriyah, UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia
Lufri Lufri, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Asrizal Asrizal, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu solusi tepat untuk menanamkan pemahaman tentang bencana dan bagaimana mencegah, mengantisipasi dan mengurangi dampak bencana alam di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan integrasi dalam pempelajaran IPA. Penerapan pembelajaran bervisi SETS merupakan salah satu yang digunakan dalam pembelajaran IPA karena berkaitan langsung dengan hal-hal nyata yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat effect size dari artikel artikel yang berkaitan dengan pengaruh pembelajaran terintegrasi bencana alam yang menggunakan pembelajaran dengan visi SETS. Penelitian ini merupakan penelitian meta analisis, Populasi yang digunakan adalah artikel dan hasil penelitian Penerapan pembelajaran bervisi SETS terintegrasi bencana alam. Sampel yang diambil adalah 14 artikel dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terintegrasi bencana tepat dilakukan menggunakan pendekatan SETS dan cocok untuk menumbuhkan sikap tanggap bencana siswa. Hal ini terlihat dari perhitungan ES yang berada pada kategori sedang dan tinggi. Pembelajaran terintegrasi bencana disiapkan dari usia dini, dan berkelanjutan sampai Pendidikan tinggi

Keywords


SETS, natural disaster, effect size

Full Text:

PDF

References


Damayanti, R. (2013). Penerapanbookletinstruksional Mandiri Ipa Berpendekatan Sets Pada Materi Limbah Di Smk Negeri Kota Semarang [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Dwisetyaningrum, Y. (2011). Pembelajaran Bencana Alam dengan Model PPT Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berorientasi pada Kepedulian Lingkungan. [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Frankenberg, E., Sikoki, B., Sumantri, C., Suriastini, W., & Thomas, D. (2013). Education, vulnerability, and resilience after a natural disaster. Ecology and Society: A Journal of Integrative Science for Resilience and Sustainability, 18(2), 16.

Indrawati, F. Y., Fatmaryanti, S. D., & Maftukhin, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Model SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Terintegrasi Mitigasi Bencana Alam Terhadap Kemampuan Analisis dan Transferable Skills Peserta Didik. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 12(2), 54–60.

Karnawati, D., & Pramumijoyo, S. (2008). Strategy for promoting education for natural disaster reduction in Indonesia and ASEAN region. B. Rouhban, & R. Shaw, The First World Landslide Forum, 1–4.

KUSMIANTY, D. (2019). Model Pembelajaran Sets Dengan Metode Praktikum Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis [PhD Thesis]. Universitas Pancasakti Tegal.

Masfuah, S., & Rusilowati, A. (2011). Pembelajaran Kebencanaan Alam dengan Model Bertukar Pasangan Bervisi SETS untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Ngabdiningsih, S. W., Susantini, E., & Ismono, I. (2013). Penerapan model pembelajaran problem based instruction (pbi) pendekatan Science. Environment, Technology, and Society (SETS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Banjir. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 7–14.

Ophiyandri, T., Amaratunga, D., & Pathirage, C. (2009). Managing disaster in Indonesia. Conference Programme & Proceedings, 278.

Puspitawati, E. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament Bervisi SETS pada Pembelajaran IPA yang Mengintegrasikan Materi Kebencanaan [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Rahayu, M. (2011). Penerapan Group Investigation Bervisi SETS Pada Pokok Bahasan Perubahan Benda untuk Meningkatkan Pemahaman Dampak Bencana Alam dan Berpikir Kritis Siswa [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Rahmawati, E. (2013). Pengintegrasian Pembelajaran Pengurangan Risiko Bencana (prb) Dalam Ipa Melalui Model Ctl Bervisi Sets Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Rusilowati, A., Binadja, A., & Mulyani, S. E. S. (2012). Mitigasi bencana alam berbasis pembelajaran bervisi science environment technology and society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Rusilowati, A., Linuwih, S., Binadja, A., & Salawane, C. (2019). Science environment technology and society approach learning to improve natural disaster mitigation literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012119.

Septikasari, Z., & Ayriza, Y. (2018). Strategi integrasi pendidikan kebencanaan dalam optimalisasi ketahanan masyarakat menghadapi bencana erupsi gunung merapi. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 47–59.

Wasiso, S. J. (2013). Implementasi Model Problem Based Learning Bervisi SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA dan Kebencanaan oleh Siswa. Journal of Innovative Science Education, 2(1).

Wedyawati, N. (2014). Pembelajaran IPA Bervisi SETS untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Peningkatan Sikap Tanggap Bencana Siswa Kelas IV SD Swasta & Negeri (SD Kristen Imanuel Nanga PInoh & SD Negeri 1 Nanga Pinoh). Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 115–124.

Wedyawati, N., Lisa, Y., & Selimayati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Mitigasi Bencana Terhadap Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 261–273.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.48657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 hurriyah hurriyah, lufri lufri, asrizal asrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo