Pengembangan Modul Fisika berbasis Numbered Team in Guided Discovery (NTGD) pada Materi Mekanika Analitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMA

Authors

  • Citra Kurnia Sari Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Zulfa Lutfi Anisa Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Imroatullaili Sholiha Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42143

Keywords:

fisika, kemampuan berpikir analisis, numbered team in guided discovery (NTGD)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis numbered team in guided discovery (NTGD) materi mekanika analitik khususnya persamaan Lagrange untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Metode penelitian menggunakan research and development (RnD). Instrumen yang digunakan adalah angket uji validitas soal dan uji kelayakan modul. Uji validitas yang dilakukan yaitu validitas konstruk dari pendidikan fisika UNY. Soal latihan dalam modul ini memenuhi indikator keterampilan berpikir analisis berdasarkan taksonomi Bloom. Hasil uji validitas soal diperoleh skor CVR 1 sebagai skor sempurna pada semua sub indikator. Jadi, himpunan soal pada modul sudah valid. Soal pada modul termasuk dalam kategori sangat berguna dengan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul mekanika analitik berbasis (NTGD) secara umum layak digunakan pada pembelajaran fisika dengan revisi. Modul ini mempunyai skor 4,7 sehingga termasuk pada kategori sangat layak. Modul telah direvisi berdasarkan komentar validator dan disesuaikan dengan teori. Sehingga baik soal maupun modul dapat digunkan unutuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa.

Author Biographies

Citra Kurnia Sari, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Citra Kurnia Sari is a student
Department of Physics Education class 2017
Yogyakarta State University. Born in
Bandar Lampung on August 23, 1999.
The education that has been taken is SD
Negeri 2 Candi Rejo 2005-2011, Junior High School
Country 2 Way Pengbuuan 2011-2014,
and SMA Negeri 1 Terbanggi Besar in
2014-2017 years.

Zulfa Lutfi Anisa, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Zulfa Lutfi Anisa was born in Bantul on
February 20, 2001. He has completed
New Lanteng State Elementary School education in
year 2013, SMP Negeri 2 Imogiri year
2016, and SMA Negeri 1 Jetis Bantul in
in 2019. He is currently taking
education at Yogyakarta State University
majoring in Physics Education. During
being a student, he has done
research and publication of articles with the title
"A New Alternative to Measure Student's
Analytical Thinking Skill: A Validity Test for
Mechanics Problem Based Learning Module
in the journal Atlantis Press".

Imroatullaili Sholiha, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Imroatullaili Sholiha is
Physics Education Department student
Class of 2019 State University
Yogyakarta. Born in Yogyakarta on the 7th
September 2000. Education that has been
taken is Gedongkiwo State Elementary School
2008-2013, SMP Negeri 2 Yogyakarta
2013-2016, and SMA Negeri 10
Yogyakarta in 2016-2019.

Bayu Setiaji, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Nama: Bayu Setiaji M.Pd
Ttl: Jakarta, 18 Mei 1994
S1: Pendidikan Fisika UNY
S2: Pendidikan Fisika UNY
Afiliasi: Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNY
Email: bayu.setiaji@uny.ac.id
No telp: 087715166678

References

Amin, M., Ibrahim, M., & Alkusaeri, A. (2022). Meta analisis: Keefektifan stem terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 248-262.

Anas, L. (2019). Pengembangan sistem aplikasi multimedia interaktif pada pelajaran (fisika energy) untuk tingkat sekolah menengah atas. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 24-41.

Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan modul berbasis discovery learning pada materi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 34-46.

Ariska, T., Mariyam, M., & Utami, C. (2020). Model sinektik untuk meningkatkan kemampuan analisis matematis pada siswa MTS Ushuluddin Singkawang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 11-20.

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan kompetensi guru profesional bahasa Indonesia dalam menghadapi abad 21. Semantik, 11(1), 71-86.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriani, F., Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis keterampilan berpikir analitis siswa pada tema pewarisan sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55-67.

Gunawan, Y., Makur, A. P., & Jehadus, E. (2019). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kejuruan. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 59-70.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students' mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-300.

Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563-575.

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika berupa komik pada materi cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100-105.

Liza, S. (2021). Upaya peningkatan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas XII. IPA. 3 SMAN 3 Muaro Jambi melalui media pembelajaran animasi 3 dimensi tahun pelajaran 2018/2019. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 170-176.

Mohammad, R. R. H., Maknun, T., & Lewa, I. (2021). Peningkatan kemampuan siswa SMA Negeri 4 Kota Palu dalam menulis resensi film laskar pelangi melalui model discovery learning. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 26-36.

Murniati, M., & Muslim, M. (2017). Pengembangan bahan ajar mata kuliah mekanika berdasarkan analisis kompetensi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 1(2), 67-73.

Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis kemampuan numerasi matematis siswa berdasarkan level kognitif pada materi kubus dan balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 103-117.

Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan ajar berbasis problem based learning pada materi gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 208-218.

Pornamasari, E. I. (2016). Pengembangan modul pembelajaran berbantu flipbook maker dengan model pembelajaran numbered heads together (NHT) berbasis teori Vygotsky materi pokok relasi dan fungsi. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 74-83.

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi pembelajaran matematika berbasis ICARE dan Islam pada materi pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110-124.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.

Sari, W. P., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Efektivitas perangkat pembelajaran fisika berbasis discovery berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 995-1000.

Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 485-498.

Widiasih, N. P. A. (2020). Pengaruh model discovery learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus RA Kartini Denpasar Barat. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 34-41.

Wijaya, T. T., Rofiah, S., & Damayanti, N. W. (2022). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis model discovery learning pada materi aritmatika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 287-306.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Sari, C. K., Anisa, Z. L., Sholiha, I., & Setiaji, B. (2022). Pengembangan Modul Fisika berbasis Numbered Team in Guided Discovery (NTGD) pada Materi Mekanika Analitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(2), 81–87. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42143