Pengembangan Modul Fisika berbasis Numbered Team in Guided Discovery (NTGD) pada Materi Mekanika Analitik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMA

Citra Kurnia Sari, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Zulfa Lutfi Anisa, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Imroatullaili Sholiha, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bayu Setiaji, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul fisika berbasis numbered team in guided discovery (NTGD) materi mekanika analitik khususnya persamaan Lagrange untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa. Metode penelitian menggunakan research and development (RnD). Instrumen yang digunakan adalah angket uji validitas soal dan uji kelayakan modul. Uji validitas yang dilakukan yaitu validitas konstruk dari pendidikan fisika UNY. Soal latihan dalam modul ini memenuhi indikator keterampilan berpikir analisis berdasarkan taksonomi Bloom. Hasil uji validitas soal diperoleh skor CVR 1 sebagai skor sempurna pada semua sub indikator. Jadi, himpunan soal pada modul sudah valid. Soal pada modul termasuk dalam kategori sangat berguna dengan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul mekanika analitik berbasis (NTGD) secara umum layak digunakan pada pembelajaran fisika dengan revisi. Modul ini mempunyai skor 4,7 sehingga termasuk pada kategori sangat layak. Modul telah direvisi berdasarkan komentar validator dan disesuaikan dengan teori. Sehingga baik soal maupun modul dapat digunkan unutuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa.


Keywords


fisika, kemampuan berpikir analisis, numbered team in guided discovery (NTGD)

Full Text:

PDF

References


Amin, M., Ibrahim, M., & Alkusaeri, A. (2022). Meta analisis: Keefektifan stem terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 248-262.

Anas, L. (2019). Pengembangan sistem aplikasi multimedia interaktif pada pelajaran (fisika energy) untuk tingkat sekolah menengah atas. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 24-41.

Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan modul berbasis discovery learning pada materi jaringan tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(1), 34-46.

Ariska, T., Mariyam, M., & Utami, C. (2020). Model sinektik untuk meningkatkan kemampuan analisis matematis pada siswa MTS Ushuluddin Singkawang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 11-20.

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan kompetensi guru profesional bahasa Indonesia dalam menghadapi abad 21. Semantik, 11(1), 71-86.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriani, F., Fadly, W., & Faizah, U. N. (2021). Analisis keterampilan berpikir analitis siswa pada tema pewarisan sifat. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 55-67.

Gunawan, Y., Makur, A. P., & Jehadus, E. (2019). Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kejuruan. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 59-70.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students' mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291-300.

Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563-575.

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika berupa komik pada materi cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100-105.

Liza, S. (2021). Upaya peningkatan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas XII. IPA. 3 SMAN 3 Muaro Jambi melalui media pembelajaran animasi 3 dimensi tahun pelajaran 2018/2019. Science: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 170-176.

Mohammad, R. R. H., Maknun, T., & Lewa, I. (2021). Peningkatan kemampuan siswa SMA Negeri 4 Kota Palu dalam menulis resensi film laskar pelangi melalui model discovery learning. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 26-36.

Murniati, M., & Muslim, M. (2017). Pengembangan bahan ajar mata kuliah mekanika berdasarkan analisis kompetensi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 1(2), 67-73.

Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis kemampuan numerasi matematis siswa berdasarkan level kognitif pada materi kubus dan balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 103-117.

Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Bahan ajar berbasis problem based learning pada materi gerak lurus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 208-218.

Pornamasari, E. I. (2016). Pengembangan modul pembelajaran berbantu flipbook maker dengan model pembelajaran numbered heads together (NHT) berbasis teori Vygotsky materi pokok relasi dan fungsi. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 74-83.

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi pembelajaran matematika berbasis ICARE dan Islam pada materi pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110-124.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS mata pelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257-269.

Sari, W. P., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Efektivitas perangkat pembelajaran fisika berbasis discovery berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 995-1000.

Turnip, R. F., & Karyono, H. (2021). Pengembangan e-modul matematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 485-498.

Widiasih, N. P. A. (2020). Pengaruh model discovery learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus RA Kartini Denpasar Barat. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 34-41.

Wijaya, T. T., Rofiah, S., & Damayanti, N. W. (2022). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis model discovery learning pada materi aritmatika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 287-306.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Citra Kurnia Sari, Zulfa Lutfi Anisa, Imroatullaili Sholiha, Bayu Setiaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo