BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MODEL PISA: LUPA KONTEKS
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.41442Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika model PISA. Subjek penelitian ini terdiri dari empat siswa SMP di Gresik yang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan. Pengumpulan data untuk subjek laki-laki dilakukan secara online melalui media WhatsApp sedangkan subjek perempuan dilakukan secara offline di rumah peneliti. Instrumen penelitian ini adalah wawancara berbasis tugas (tes). Data dianalisis berdasarkan indikator berpikir kritis yaitu memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, serta membuat keputusan dan mempertimbangkan hasil. Hasil penelitian menunjukkan pada indikator memfokuskan pertanyaan, tiga subjek mampu mengidentifikasi pertanyaan. Pada indikator menganalisis argumen, tidak ada subjek yang menentukan penyelesaian masalah dengan tepat. Pada indikator membuat keputusan dan mempertimbangkan hasil, tidak ada subjek yang menyimpulkan permasalahan dengan tepat. Dalam pengerjaan, subjek hanya fokus pada rumus-rumus yang terkait masalah, tapi melupakan konteks yang melekat pada masalah.
Kata Kunci: Berpikir kritis, Masalah, PISA, Lupa konteks
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.