Pengaruh Pemanfaatan Video Fenomena Alam dalam Pembelajaran IPA Materi Lapisan Bumi terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa MTs

Authors

  • Afina Aninnas Jember University
  • Supeno Supeno Jember University
  • Iwan Wicaksono Jember University

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.41188

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kreativitas ilmiah siswa setelah pembelajaran menggunakan video fenomena alam pada materi lapisan bumi serta pengaruhnya terhadap kreativitas ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menerapkan desain penelitian eksperimen quasi dengan rancangan nonequivalent control-group design. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kreativitas ilmiah yang hasilnya dianalisis menggunakan uji N-Gain dan independent sample t-test. Berdasarkan hasil uji N-Gain, diperoleh peningkatan kreativitas ilmiah pada kelas eksperimen dalam kategori sedang dan pada kelas kontrol dalam kategori rendah. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh nilai hitung 0,00 < 0,05, artinya nilai rata-rata kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pemanfaatan video fenomena alam dalam pembelajaran IPA materi lapisan bumi dapat meningkatkan kreativitas ilmiah siswa dalam kategori sedang serta berpengaruh signifikan terhadap kreativitas ilmiah siswa MTs.

Author Biographies

Afina Aninnas, Jember University

Afina Aninnas lahir di Gresik 14 Februari 2000 menempuh pendidikan S-1 di Program Studi Pendidikan IPA Universitas Jember. Saat ini aktif sebagai mahasiswa S-1 Pendidikan IPA Universitas Jember

Supeno Supeno, Jember University

Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. lahir di Blitar 07 Desember 1974. Lulus S-1 di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang tahun 1997, lulus S-2 di Program Magister Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember tahun 2005, dan lulus S-3 di Program Doktor Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya tahun 2016. Saat ini aktivitasnya sebagai dosen S-1 Pendidikan IPA Universitas Jember yang aktif dalam penelitian, pengabdian masyarakat, menulis buku dan menulis artikel ilmiah dalam berbagai jurnal.

Iwan Wicaksono, Jember University

Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd. M.Pd. Lahir di Banyuwangi 18 Juni 1989. Lulus S-1 di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember tahun 2012, lulus S-2 di Program Magister Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya tahun 2014, dan lulus S-3 di Program Doktor Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya tahun 2017. Saat ini menjabat sebagai dosen S-1 Pendidikan IPA Universitas Jember. Aktif dalam penelitian, pengabdian masyarakat, menulis buku, menulis artikel ilmiah, dan dalam berbagai jurnal.

References

Beliefs about Scientific Creativity Held by Pre-Service Science Teachers in the State of Kuwait. International Education Studies, 12(10), 37–49.

Astutik, S., Mahardika, I. K., Indrawati, I., Sudarti, S., & Supeno, S. (2020). HOTS student worksheet to identification of scientific creativity skill, critical thinking skill and creative thinking skill in physics learning. IOP Journal of Physics: Conference Series. 1465, 012075.

Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). Developing teaching material for physics based on Collaborative Creativity Learning (CCL) model to improve scientific creativity of junior high school students. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 8(2), 91–105.

Astutik, S., Susantini, E., Madlazim, Nur, M., & Supeno. (2020). The Effectiveness of Collaborative Creativity Learning Models (CCL) on Secondary Schools Scientific Creativity Skills. International Journal of Instruction, 13(3), 525–538.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student's creativity in physics. Cakrawala Pendidikan, 2, 87812.

Handajani, S., Pratiwi, H., & Mardiyana. (2018). The 21st century skills with model eliciting activities on linear program. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1), 012059.

Horng, J.-S., Hong, J.-C., ChanLin, L.-J., Chang, S.-H., & Chu, H.-C. (2005). Creative teachers and creative teaching strategies. International Journal of Consumer Studies, 29(4), 352–358.

Istiqomah, D. (2017). Kreativitas dan Pengembangannya dalam Perspektif Teori Ernst Kris. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 29–38.

Liu, S.-C., & Lin, H. (2014). Primary teachers' beliefs about scientific creativity in the classroom context. International Journal of Science Education, 36(10), 1551–1567.

Mahtari, S., Nur, M., & Tukiran. (2016). Pengembangan prototipe buku guru dan buku siswa ipa dengan penemuan terbimbing untuk melatihkan kreativitas ilmiah siswa SMP. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(2), 924-930.

Oka, D. N., Adi, N. N. S., & Marhaeni, I. G. A. N. D. (2018).

Pengaruh Pembelajaran IPA Berbantuan Video Edukasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Suluh Pendidikan, 16(2), 113–119.

Paramita, D. L., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Kit Struktur Bumi dan Simulasi Gempa sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02).

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Samsudin, A., Setyadin, A. H., Suhendi, E., Chandra, D. T., & Siahaan, P. (2018). Seventh Grade Students' Scientific Creativity Test: A Preliminary-Study on Earth Science Context. IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng, 288, 012012.

Santrock, J. W. (2018). Educational Psychology, Sixth Edition. New York: McGraw-Hill Education.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. France: OECD Publishing.

Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology: Theory and Practice. New York: Pearson Education.

Supeno, Astutik, S., Bektiarso, S., Lesmono, A. D., & L. Nuraini. (2019). What Can Students Show About Higher Order Thinking Skills In Physics Learning? IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 12127. doi:10.1088/1755-1315/243/1/012127.

Suyidno, N., Yuanita, L., Prahani, B. K., & Jatmiko, B. (2018). Effectiveness of creative responsibility based teaching (CRBT) model on basic physics learning to increase student's scientific creativity and responsibility. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 136.

Wicaksono, I., Wasis, & Madlazim. (2017). The effectiveness of virtual science teaching model (VS-TM) to Improve Student's Scientific Creativity and Concept Mastery on Senior High School Physics Subject. Journal of Baltic Science Education, 16(4), 549.

Zulkarnaen, S., & Jatmiko, B. (2017). Feasibility of creative exploration, creative elaboration, creative modeling, practice scientific creativity, discussion, reflection (C3PDR) teaching model to improve students' scientific creativity of junior high school. Journal of Baltic Science Education, 16(6), 1020.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Aninnas, A., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Video Fenomena Alam dalam Pembelajaran IPA Materi Lapisan Bumi terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa MTs. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 29–34. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.41188

Issue

Section

Articles