Pengembangan Soal Penalaran Tipe TIMSS Konten Aljabar Kelas VIII

Freti Lesiana, Departemen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Ely Susanti, Departemen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Ratu Ilma Indra Putri, Departemen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Nyimas Aisyah, Departemen Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal penalaran tipe TIMSS konten aljabar yang valid dan praktis. Metode yang digunakan adalah design research tipe development studies yang melalui dua tahap yaitu preliminary dan formative evaluation yang terdiri dari self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walkthrough, wawancara, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. 1 SMP N 19 Palembang. Hasil dari penelitian ini menghasilkan (1) suatu produk soal penalaran matematika tipe TIMSS konten aljabar sejumlah 5 soal berbentuk soal uraian yang valid dan praktis. (2) soal matematika tipe TIMSS konten aljabar yang dikembangkan mempunyai efek potensial terhadap kemampuan penalaran siswa dimana skor rata-rata siswa mencapai 75,7 yang dikategorikan baik.


Keywords


aljabar, design research, kemampuan penalaran, TIMSS

Full Text:

PDF

References


Ahyansyah, A., Sa’dijah, C., & Qohar, A. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah operasi hitung pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1827-1838.

Andriani, P. (2015). Penalaran aljabar dalam pembelajaran matematika. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 8(1), 1-13.

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan higher order thinking skills dalam pembelajaran matematika di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36-43.

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skill (HOTS) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139-151.

Destiana, O., Sumarni, S., & Adiastuti, N. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan pendekatan kontruktivisme berbasis kemampuan penalaran matematis. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128-145.

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Kemendikbud. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 68 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah. Kemendikbud.

Kuswanti, Y., Setiawani, S., & Lestari, N. D. S. (2017). Analisis soal dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 untuk sekolah menengah pertama kelas VII berdasarkan dimensi kognitif trends international mathematics and science study (TIMSS). Jurnal Edukasi, 4(3), 25-29.

Mufakat, T., & Usman, M. R. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soalpola bilangan ditinjau dari adversity quotient kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Nabla Dewantara, 5(2), 75-85.

Nurkholis, M., & Umbara, U. (2017). Penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis multimedia terhadap peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa MTs. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(2), 17-24.

Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan instrumen kecakapan matematis dalam konteks kearifan lokal budaya banten pada materi bangun ruang sisi datar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 17-27.

Pribadi, A., Somakim, S., & Yusup, M. (2015). Pengembangan soal penalaran model TIMSS pada materi geometri dan pengukuran SMP. Histogram, 1(2), 261-270.

Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA konten bilangan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14-26.

Rahmawati, N. K. (2017). Implementasi teams’ games tournaments dan number head together ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 121-134.

Rizta, A., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan soal penalaran model TIMSS matematika SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230-240.

Saaroh, F., Aziz, T. A., & Wijayanti, D. A. (2021). Analysis of students’ misconceptions on solving algebraic contextual problem. Risenologi, 6(1), 19-30.

Sari, N. I. P., Subanji, S., & Hidayanto, E. (2018). Diagnosis kesulitan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pola bilangan. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 64-69.

Sermatan, E., Fahinu, F., & Zamsir, Z. (2019). Peningkatan kemampuan penalaran aljabar siswa melalui problem-based learning dan konvensional pada siswa madrasah tsanawiah. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 53-62.

Supriana, S., & Rahmat, T. (2022). Analisis aspek kognitif TIMSS pada soal latihan buku ajar matematika kelas VIII Kurikulum 2013 semester II. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(6), 549-559.

Susanti, E. (2016). Pengembangan soal matematika tipe timss menggunakan konteks rumah adat untuk siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 53-74.

Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design pembelajaran matematika dengan pendekatan STEM (science, technology, engineering, mathematics). Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 37-52.

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2016). Elementary and middle school mathematics. London: Pearson Education UK.

Widayanti, E., & Kolbi, I. A. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal TIMMS untuk kategori penalaran. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 76-85.

Zulaika, I., Sutarto, S., & Febrilia, B. R. A. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung bentuk aljabar pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Lombok Tengah ditinjau dari peta kognitif. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 2(2), 37-42.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.40836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Freti Lesiana, Ely Susanti, Ratu Ilma Indra Putri, Nyimas Aisyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo