Penerapan Pembelajaran Matematika Model Creative Problem Solving berbantuan Whatshapp berbasis Lesson Study

Sucipto Sucipto, SMAN 1 Pesanggaran, Banyuwangi, Indonesia, Indonesia
Hobri Hobri, Universitas Jember, Indonesia
Endang Wahyuningrum, Universitas Terbuka Jakarta, Indonesia

Abstract


 

Penelitian Quasi Eksperiment ini dilakukan di SMAN 1 Pesanggaran bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika model Creative Problem Solving berbantuan WhatsApp berbasis Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Populasi penelitian peserta didik kelas X MIPA dibagi menjadi kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Hasil penelitian menyatakan frekuensi chatting, aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik baik sebesar 80,3%, sedangkan hubungan frekuensi chatting, aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan persamaan regresi . diperoleh thitung = 5,456 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari a(5%), dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 78,04 lebih baik dari kelompok kontrol yang sebesar 60,47. Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok atas, tengah dan bawah dilihat dari nilai Fhitung = 15,882 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari a(5%) dan hasil uji lanjut dengan metode Scheffe nilai signifikansi antar kelompok antara 0,000 sampai dengan 0,017 yang lebih kecil dari a(5%).

 


Keywords


Creative Problem Solving, Aktivitas Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Enteng, M. (1985). Diagnosa Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, S. (1990). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Barody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8: Helping Children Thing Mathematically. New York: Macmillan Publishing Company.

Bohan, H., & Bohan, S. (1993). Extending the regular curriculum through creative problem solving. The Aritmatic teacher, 41(2), 83-87

Borich, G. D. 1994. Observatioan Skills for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Enteng, M. (1985). Diagnosa Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud.

Fitriyati, E. (2004). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Topik Uang Dalam Perdagangan Kelas I SLTP. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika Program PPs Universitas Negeri Surabaya.

Hidayat, M. A. (2005). Teori Pembelajaran Matematika. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.

Kasmadi, H. (1991). Taktik Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press

Pujiadi.(2008). Penggunaan CD Interaktif dalam Pembelajaran Matematika SMA Materi Transformasi Geometri. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Unnes, Semarang 16 Januari 2008.

Purwanto, M. N. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda-karya.

Ruyan, T. (1992). Pendekatan dalam Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusefendi, E.T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Khususnya dalam Pembelajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tarsito.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pebelajaran. Berorientasi Standar Proses Pedidikan (cetakan ke-3). Jakarta: Kencana.

Santosa, K. (2002). Pemilihan dan Pengembangan Media Pembelajaran. Makalah Pelatihan Desain Pembelajaran. BPG Semarang.

Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Grafindo Persada.

Silver, E. A. 1996.An Analysis of Aritmetic Problem Posing By Middle School Student. Journal for Research In Mathematics Education, Volume 27. No. 5, p. 521 – 539.

Siswono, T. Y. E. (2004). Pengembangan Kriteria Tingkat Berpikir Kreatif Peserta didik dalam Matematika. Surabaya: Jurusan Matematika FMIPA UNESA.

Sobel, M.A. dan E.M. Maletsky. (2001). Mengajar Matematika, Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas dan Strategi. Jakarta: Erlangga.

Soedjoko, E. (2004). Mengevaluasi Kegiatan Penalaran dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan dalam konferensi Nasional Matematika XII, Bali 23 –.27 Juli 2004.

Soleh, M. (1998). Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Subino. (1987). Instruksi dan Analisis Tes. Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Suharto, K. (1995). Teknologi Pembelajaran. Surabaya: SIC

Suherman, E & U. S. Winataputra. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka Depdikbud.

Sukasno. (2002). Model Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Trigonometri : Studi Eksperimen pada Peserta didik Kelas II SMU Negeri 22 Bandung. Diambil 12 Januari 2016 dari situs World Wide Web: http://digilib.upi.edu/pasca/avai-lable/etd-1005106-110153/

Sukestiyarno, Y. L. (2005). Modul Kuliah SPSS. Semarang: PPs Unnes.

Suparman. (1997). Desain Instruksional. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Suparno, P. (2000). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Suyitno, A.(2006). Handout Kuliah Teori Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Unnes.

Sudjana (1983). Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito

Sudjana, N. (2003). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tuckman, B. W. (1974). Conducting Educational Research. Second Edition. New York: Harcourt Brace Jovanovich.

Yaniyawati, P. 2006. Mengajar Menyenangi Matematika. Bandung: Pikiran Rakyat (edisi 27 Maret 2006)Effendi, S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.39510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 sucipto sucipto, Hobri Hobri, Endang Wahyuningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo