Penerapan Methaporical Thinking: Kemampuan Matematis Peserta Didik

Bunga Nurwiyan Putri, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, Indonesia
Amirudin Amirudin, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, Indonesia
Dona Dinda Pratiwi, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar belajar di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung yang menerapkan Metaphorical Thinking apakah memberi berdampak pada kemampuan komunikasi matematis peserta didk. Tidak hanya itu, peneliti juga memberikan soal kepada peserta didik untuk mengetahui hasil pre-survey sebelum dilakukannya treatment kepeda peserta didik. Peneliti juga mengadopsi Posttest Only Control Group Design yang akan diaopsi dalam proses belajar-mengajar di kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan koneksi matematis antara peserta didik yang yang treatmenat dengan menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking serta kelas yang tidak dilakukan treatment. Hasil analisis juga menunjukan bahwa signifikansi 0,042 kurang dari 0,05 hal tersebut merepresentasikan bahwa kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang menggunakan pendekatan Metaphorical Thinking lebih efektif. Sedangkan kemampuan peserta didik pada kelas kontrol menunjukan bahwa peserta didik tidak mengalami perubahan dalam proses pembelajaran

Keywords


Methaporical Thinking, Kemampuan Matematis Siswa

Full Text:

PDF

References


Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79-87.

Budiarto, M. T., & Artiono, R. (2019). Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1), 9-18.

Febriyanti, N. K. S., & Putra, M. (2020). Mathematics Learning Interest of Elementary School Students in Using Metaphorical Thinking Learning Model. Journal of Education Technology, 4(3), 273-278.

Fitriani, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Metaphorical Thinking Pada Siswa SMP. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8-15.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Infinity Journal, 1(1), 90-103.

Isnurani, I. (2018). Pengembangan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multi Representasi di Smp. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 1(1), 20-34.

Iskandar, B., Haryono, H., & Utanto, Y. (2019). Mathematic Score of the Champions. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 8(2), 78-89

Lesmana, L. A., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematik Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 863-872.

Mardiyanti, D. O., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 427-434.

McGowen, M. A., & Tall, D. O. (2010). Metaphor or Met-Before? The effects of previouos experience on practice and theory of learning mathematics. The Journal of Mathematical Behavior, 29(3), 169-179.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2021, January). The enhancement of mathematical reasoning and problem solving ability through metaphorical thinking approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1731, No. 1, p. 012040). IOP Publishing.

Setiawan, W. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208-216.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.Sundary, P., Jatmiko, A., &

Widyastuti, R. (2020). Metaphorical Thinking Approach with Google Classroom: iIts Effect Towards Students’understanding of Mathematical Concept Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 37-47.

Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan kontekstual dengan scaffolding untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 66-79.

Widyasari, N., & Dewanto, S. (2020). Meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa smp melalui pendekatan metaphorical thinking. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Yee, S. P., & Bostic, J. D. (2014). Developing a contextualization of students’ mathematical problem solving. The Journal of Mathematical Behavior, 36, 1-19.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i1.39177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bunga Nurwiyan Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo