Analisis Kebutuhan Guru Kimia terhadap Program Pelatihan Peningkatan Keterampilan Inkuiri dan Scaffolding Berbasis Blended Learning

Sukisman Purtadi, S3 Program Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Anna Permanasari, S3 Program Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Omay Sumarna, S3 Program Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Wahyu Sopandi, S3 Program Pendidikan IPA, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Telah dilakukan analisis kebutuhan (need assessment) untuk melihat kebutuhan para guru kimia di SMA pada pelatihan untuk meningkatkan keterampilan inkuiri dan scaffolding. Analisis kebutuhan ini dilakukan untuk menjaring informasi mengenai kondisi guru dan harapan guru berkaitan dengan program pelatihan, penggunaan internet, metode pembelajaran inkuiri, dan program pelatihan yang akan dikembangkan. Analisis kebutuhan ini dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan secara random pada guru SMA. Angket terdiri dari 52 butir pertanyaan terbuka dan semi-terbuka. Analisis dilakukan terhadap 24 angket yang terkumpul. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan dan keterampilan guru mengenai inkuiri masih perlu ditingkatkan dengan proses pelatihan berbasis blended learning yang menekankan materi yang langsung dapat digunakan guru kimia di dalam kelas mereka. Hasil dari analisis ini dijadikan sebagai salah satu dasar dalam menyusun program pelatihan berbasis blended learning.

Kata kunci: analisis kebutuhan, pelatihan, inkuiri, scaffolding, blended learning


Keywords


analisis kebutuhan; pelatihan; inkuiri; scaffolding; blended learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo