Pemanfaatan Perkecambahan Serbuk Sari Tapak Dara (Vinca rosea L.) Secara In Vitro sebagai Alternatif Bahan Praktikum Biologi Perkembangan

Budiwati Budiwati, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Salah satu topik pada praktikum Biologi Perkembangan adalah “Polinasi dan Fertilisasi”. Proses polinasi dan fertilisasi merupakan tahapan yang sangat penting pada reproduksi seksual tumbuhan Spermatophyta. Keberhasilan polinasi akan diikuti dengan pembentukan buluh serbuk sari (perkecambahan serbuk sari). Tanpa pembentukan buluh serbuk sari, fertilisasi tidak akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi perkecambahan serbuk sari tapak dara (Vinca rosea L.) secara in vitro sebagai aternatif bahan praktikum Biologi Perkembangan khususnya pada topik Polinasi dan Fertilisasi. Langkah penelitian yang ditempuh adalah mengecambahkan serbuk sari tapak dara pada variasi konsentrasi sukrosa. Pengamatan meliputi panjang buluh serbuk sari, prosentase perkecambahan, kecepatan berkecambah, keberadaan inti sperma, dan analisis potensi serbuk sari sebagai bahan praktikum Biologi Perkembangan topik Polinasi dan Fertilisasi. Dengan memperhatikan syarat-syarat suatu objek atau kejadian sebagai sumber belajar, dan dengan memperhatikan perolehan dari penelitian ini baik proses maupun produknya, maka pemanfaatan serbuk sari tapak dara sangat baik sebagai alternatif sumber belajar pada praktikum Biologi Perkembangan.

Kata kunci: tapak dara, perkecambahan serbuk sari secara in vitro, biologi perkembangan


Keywords


tapak dara; perkecambahan serbuk sari secara in vitro; biologi perkembangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo