Profil Proses Sains dan Keterampilan Sosial Mahasiswa pada Pembelajaran Sistem Digesti Melalui Penerapan Seven Jump Problem-Based Learning

Kartika Ratna Pertiwi, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia
Yuliati Yuliati, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia
Tutiek Rahayu, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Seven Jump PBL pada mata kuliah Biomanzi topik sistem digesti untuk meningkatkan kemampuan proses sains serta keterampilan sosial mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi kelas Bilingual. Model pembelajaran Seven Jump PBL yang diterapkan merupakan modifikasi dari the Maastricht Seven Step Procedure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menemukan kata kunci merupakan keterampilan yang paling baik dicapai oleh mayoritas mahasiswa (92,9%) diikuti oleh keterampilan menyusun konsep materi (71,4%). Keterampilan menyusun pertanyaan produktif dan jawaban mahasiswa paling rendah dalam mencapai katagori baik (51,7%). Keterampilan sosial mahasiswa menunjukkan nilai baik sekali tertinggi adalah keaktifan mengerjakan tugas (85,5%) dan terendah adalah keantusiasan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan belajar (36,2%). Persepsi baik dinyatakan seluruh mahasiswa pada separuh indikator (50%).

Kata kunci: masalah, proses sains, sosial, keterampilan


Keywords


masalah; proses sains; sosial; keterampilan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo