Pengembangan Website Vocational Chemistry Berbasis Demonstrasi Interaktif sebagai Media E-Learning untuk Pembelajaran Kimia di SMK

Togu Gultom, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Lis Permana Sari, Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kualitas website Vocational Chemistry berbasis demontrasi interaktif yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran kimia di SMK, serta respon peserta didik SMK terhadap website Vocational Chemistry sebagai sumber belajar kimia. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model prosedural dengan menggunakan model ADDIE. Website Vocational Chemistry yang dikembangkan melalui 3 tahap yaitu uji coba, penilaian kelayakan website sebagai media e-learning, dan uji coba terbatas pada 68 peserta didik SMK. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan karakteristik Website Vocational Chemistry yang dikembangkan sebagai media e-learning kimia SMK meliputi 4 bidang yaitu Analisis, Kesehatan dan Nutrisi, Pertanian, serta Teknologi dan Industri. Uji kualitas menunjukkan bahwa diperoleh rerata skor 108,2 dari skor maksimal 135. Skor termasuk kategori “Baik” dengan persentase keidealan 80,15%. Hasil implementasi terbatas menunjukkan bahwa 57 peserta didik atau 83,82% peserta didik yang tertarik dan senang belajar dengan website Vocational Chemistry.

Kata kunci: website vocational chemistry, kimia SMK, e-learning


Keywords


website vocational chemistry; kimia SMK; e-learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v3i1.3891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo