Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran MIPA di Sekolah Menengah Pertama Swasta (SMPS) di Kota Ruteng

Eufrasia Jeramat, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khatolik Santo Paulus Ruteng, Indonesia
Valeria Suryani Kurnila, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khatolik Santo Paulus Ruteng, Indonesia
Yohanes Kurniawan, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khatolik Santo Paulus Ruteng, Indonesia
Richardus Jundu, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khatolik Santo Paulus Ruteng, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis media pembelajaran MIPA di SMPS di kota Ruteng, menganalisis aplikasi media Pembelajaran MIPA di Indonesia di SMP swasta, dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam penggunaan media pembelajaran MIPA di SMP swasta di kota Ruteng. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah  pendekatan kualitatif dan metode deskriptif.  Pengumpulan Data yaitu melalui  wawancara, observasi lapangan dan dokumen. Responden penelitian ini adalah siswa  SMPS Bintang Timur, SMPS St Petrus  dan SMP Karya Ruteng, guru MIPA dan  kepala sekolah di SMPS swasta tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran MIPA yang disediakan disekolah Swasta di Kota Ruteng minim, sehingga  penggunaan media pembelajaran MIPA masih belum lengkap dan kurang maksimal. Tetapi, guru-guru MIPA di SMPS dapat mengembangkan media pembelajaran yang bisa di manfaatkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar sehingga minat belajar siswa meningkat.  Jenis-jenis media pembelajaran yang sering  digunakan oleh guru MIPA di SMPS di kota Ruteng adalah media cetak berupa buku pegangan guru, media visual yaitu gambar dan media realitas yaitu alat peraga lingkaran, persegi dan kerucut, herbarium kering serta puzzle sistem pencernaan. Faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran adalah kesukaran materi, ketersediaan media, kesiapan siswa, waktu dan jumlah siswa.


Keywords


media pembelajaran MIPA; sekolah menengah pertama

Full Text:

PDF

References


Ainley, M. (2006). Connecting with learning: Motivation, affect and cognition in interest processes. Educational Psychology Review, 18(4), 391-405.

Ajoke, A. R. (2017). The importance of instructional materials in teaching English as a second language. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 6(9), 36-44.

Alhojailan, M. I. (2012). Thematic analysis: A critical review of its process and evaluation. West East Journal of Social Sciences, 1(1), 39-47.

Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi media pembelajaran. Gramedia Widiasarana.

Bazalgette, C., & Buckingham, D. (2013). Literacy, media and multimodality: A critical response. Literacy, 47(2), 95-102.

Bower, M., Hedberg, J. G., & Kuswara, A. (2010). A framework for Web 2.0 learning design. Educational Media International, 47(3), 177-198.

Colorafi, K. J., & Evans, B. (2016). Qualitative descriptive methods in health science research. HERD: Health Environments Research & Design Journal, 9(4), 16-25.

Deng, L., & Tavares, N. J. (2013). From Moodle to Facebook: Exploring students' motivation and experiences in online communities. Computers & Education, 68(1), 167-176.

Dron, J., & Anderson, T. (2014). Teaching crowds: Learning and social media. Athabasca University Press.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan media dalam pembelajaran biologi di sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 149-162.

Hidayati, N., & Wuryandari, A. I. (2012). Media design for learning Indonesian in junior high school level. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 67(1), 490-499.

Kelder, S. H., Hoelscher, D., & Perry, C. L. (2015). How individuals, environments, and health behaviors interact. Health Behavior: Theory, Research, and Practice, 159(1), 144-149.

Kirana, M. (2016). The use of audio visual to improve listening. English Education Journal, 7(2), 233-245.

Kurniawan, F. (2016). The use of audio-visual media in teaching speaking. English Education Journal, 7(2), 180-193.

Lindwall, O., & Ekström, A. (2012). Instruction-in-interaction: The teaching and learning of a manual skill. Human Studies, 35(1), 27-49.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

McCallum, F., & Price, D. (2010). Well teachers, well students. The Journal of Student Wellbeing, 4(1), 19-34.

Mitchell, W. J. T., & Hansen, M. B. (2010). Critical terms for media studies. University of Chicago Press.

Morse, J. M. (2010). Simultaneous and sequential qualitative mixed method designs. Qualitative Inquiry, 16(6), 483-491.

Ohler, J. B. (2013). Digital storytelling in the classroom: New media pathways to literacy, learning, and creativity. Corwin Press.

Padilla-Díaz, M. (2015). Phenomenology in educational qualitative research: Philosophy as science or philosophical science. International Journal of Educational Excellence, 1(2), 101-110.

Popescu, E. (2014). Providing collaborative learning support with social media in an integrated environment. World Wide Web, 17(2), 199-212.

Tirtayani, L. A., Magta, M., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2017). Teacher friendly e-flashcard: A development of bilingual learning media for young learners. Journal of Education Technology, 1(1), 18-29.

Umar, U. (2017). Media pendidikan: Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 131-144.

Williams, K. C., & Williams, C. C. (2011). Five key ingredients for improving student motivation. Research in Higher Education Journal, 12(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v8i1.35528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo