Kontribusi Manipulatif Berbasis Aplikasi terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunarungu

Risa Rachmania, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
Wahidin Darwis, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi manipulatif berbasis aplikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) tunarungu. Manipulatif berbasis aplikasi yang digunakan adalah Shapes 3D Geometry Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa ABK tunarungu kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan pada indikator mendefinisikan konsep secara tulisan, mengidentifikasi unsur-unsur konsep, mengubah bentuk representasi ke bentuk lain, serta mengenal berbagai makna dan interpretasi konsep siswa tunarungu dikategorikan rendah yaitu sebesar 50%. Mengaitkan sesuatu dengan hal lainnya dan menyadari proses yang dilakukan siswa tunarungu dikategorikan sedang yaitu sebesar 75%. Mengidentifikasi contoh dan bukan contoh suatu jaring-jaring kubus dan mempresentasikan konsep dalam bentuk model, diagram, dan simbol dikategorikan tinggi yaitu sebesar 100%.


Keywords


manipulatif berbasis aplikasi; kemampuan pemahaman konsep matematika; siswa tunarungu

Full Text:

PDF

References


Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan model realistic mathematic education berbantu media manipulatif terhadap hasil belajar matematika pada materi operasi pecahan. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 151-158.

Bouck, E. C., Working, C., & Bone, E. (2017). Manipulative apps to support students with disabilities in mathematics. Intervention in School and Clinic, 53(3), 177-182.

Chamidah, A. N. (2009). Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jurnal pendidikan khusus, 5(2), 83-93.

Febryana, D. (2018). Profil kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal segitiga dan segiempat ditinjau dari gender. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 50-58.

Hernawati, T. (2007). Pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. Jurnal JASSI_Anakku, 7(1), 101-110.

Hidayat, R., & Suherman, S. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa tunarungu pada pembelajaran matematika di SMPLB-B PKK Provinsi Lampung. Jurnal Pendidikan Progresif, 6(1), 73-84.

Kania, N. (2018). Alat peraga untuk memahami konsep pecahan. Jurnal Theorems: The Original Research of Mathematics, 2(2), 1-12.

Kholiyanti, A. (2018). Pembelajaran matematika dari konkrit ke abstrak dalam membangun konsep dasar geometri bagi siswa sekolah dasar. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 40-46.

Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40.

Masrurotullaily, M., Hobri, H., & Suharto, S. (2013). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika keuangan berdasarkan model Polya siswa SMK Negeri 6 Jember. Kadikma, 4(2), 129-138.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat, 4(1), 76-85.

Mirza, R., Marpaung, W., & Manurung, Y. S. (2020). Psikoedukasi bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Jurnal Mitra Prima, 1(2), 34-39.

Murtianto, Y. H., Muhtarom, M., & Setiyaningrum, E. D. (2019). Pemahaman konsep logaritma siswa SMA ditinjau dari kemampuan matematika. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(1), 36-41.

Rahma, R. I. (2020). Efektivitas penggunaan metode amaba dalam kemampuan bertilawah untuk siswa dengan hambatan pendengaran. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 4(2), 38-47.

Rahmah, F. N. (2018). Problematika anak tunarungu dan cara mengatasinya. Quality, 6(1), 1-15.

Said, M. S. (2021). Kurangnya motivasi belajar matematika selama pembelajaran daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7-11.

Salim, A. (2015). Pembelajaran matematika berbasis komputer dengan metode multikomunikasi untuk siswa kelas IV SDLB penyandang tuna rungu dan wicara. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 12(1), 77-95.

Suarsana, I. M., Mahayukti, G. A., Sudarma, I. K., & Pujawan, A. A. G. S. (2019). The effect of interactive mathematics learning media toward mathematical conceptual understanding on probability of hearing-impaired students. Journal of Physics: Conference Series, 1165(1), 1-7.

Suningsih, A., & Arnidha, Y. (2017). Komunikasi matematis siswa tunarungu menggunakan model pembelajaran think pair share. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 375-384.

Syafrudin, T., & Sujarwo, S. (2019). Pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran matematika bagi siswa tunarungu. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 87-94.

Ummah, D. M. (2018). Analisis kesulitan belajar pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 2(1), 18-26.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash materi luas dan keliling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 73-84.

Wulandari, E. D., Hidayanto, E., & Rahardi, R. (2019). Representasi matematis siswa tuna rungu dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 971-978.

Wulandari, S., & Marlina, M. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis kalimat dengan model pembelajaran picture and picture bagi anak tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 268-274.

Yani, C. F., Roza, Y., Murni, A., Daim, Z., & Maimunah. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 203-214.

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan benda-benda manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri dan kemampuan tilikan ruang siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 1(1), 63-75.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.35131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo