Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Tradisional di Desa Kemiren Banyuwangi Khas Suku Osing sebagai Bahan Pembelajaran Matematika

Arifatul Hasanah, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia
Susanto Susanto, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia
Dina Trapsilasiwi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia

Abstract


Etnomatematika hadir dalam rangka menjembatani antara peserta didik dan kebudayaan, sehingga matematika mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada bentuk jajanan tradisional di desa Kemiren, Banyuwangi khas suku Osing dan menyusun lembar kerja peserta didik dengan melibatkan etnomatematika. Jajanan tradisional khas Osing di desa Kemiren, Banyuwangi dijadikan sebagai objek penelitian karena jajanan tersebut diyakini masih tetap terjaga keunikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yaitu observasi oleh 3 orang observer, wawancara dengan 3 pembuat jajanan tradisional khas suku Osing, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat etnomatematika pada bentuk jajanan tradisional di desa Kemiren, Banyuwangi khas suku Osing yaitu konsep bilangan pecahan dan bilangan bulat, konsep aljabar dan perbandingan, konsep bangun datar dan ruang, konsep transformasi, konsep kesebangunan dan kekongruenan, serta konsep aritmatika sosial.

Keywords


jajanan tradisional; suku Osing; etnomatematika; lembar kerja peserta didik

Full Text:

PDF

References


Ambarawati, M. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam mempelajari faktor perkalian, koefisien, konstanta, suku, dan suku sejenis. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1(2), 1-7.

d'Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada sekolah menengah atas. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi bangun datar segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.

Malik, A., & Narimo, S. (2019). Implementasi pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di Temanggung. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 6-12.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan learning trajectory based instruction materi kerucut menggunakan konteks Megono Gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.

Powell, A. B., & Frankenstein, M. (Eds.). (1997). Ethnomathematics: Challenging Eurocentrism in mathematics education. SUNY Press.

Praditya, P. (2014). Fasilitas kebudayaan suku Osing di Banyuwangi. eDimensi Arsitektur Petra, 2(2), 32-39.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Rahmat, M. (2014). Pendahuluan geometri. Universitas Terbuka.

Sandi, S. A., Mashadi, M., & Gemawati, S. (2018). Pengembangan teorema Menelaus pada segilima. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(1), 57-64.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pairs-share dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pengembangan karakter siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa di tingkat sekolah dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.

Tamrin, M. I. (2018). Pendidikan non formal berbasis masjid sebagai bentuk tanggung jawab umat dalam perspektif pendidikan seumur hidup. Menara Ilmu, 12(1), 15-21.

Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode Jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Zhang, W., & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and its integration within the mathematics curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.29893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo