Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi, dan Hasil Belajar Matematika SMP

Authors

  • Novi Solindri Pangemanan Magister Pendidikan, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.26822

Keywords:

think pair share, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan proses penerapan Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa, (2) menganalisis perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa, (3) menganalisis perkembangan motivasi belajar siswa, (4) menganalisis perkembangan hasil belajar siswa, dan (5) mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi selama proses penerapan TPS. Penelitian ini dilakukan dalam 3 Siklus di kelas VII SMP Ichthus Jakarta, dengan subjek penelitian 12 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes tertulis, angket serta dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan perbaikan yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah TPS; kemampuan berpikir kritis siklus 1 mencapai 70,42%, siklus 2 mencapai 81,92%, siklus 3 mencapai 90,83%. Perkembangan motivasi belajar siswa siklus 1 mencapai 73,10%, siklus 2 mencapai 82,42%, siklus 3 mencapai 92,92%. Peningkatan hasil belajar siswa siklus 1 mencapai 66,25%, siklus 2 mencapai 76,33%, siklus 3 mencapai 90,66%. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu siswa yang masih belum terbiasa melakukan tahapan TPS dalam proses pembelajaran, siswa yang kurang aktif dalam kelompok, dan keterbatasan waktu pembelajaran.

References

Hartinah, S., Suherman, S., Syazali, M., Efendi, H., Junaidi, R., Jermsittiparsert, K., & Rofiqul, U. M. A. M. (2019). Probing-prompting based on ethnomathematics learning model: The effect on mathematical communication skill. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 799-814.

Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of learning materials based on realistic mathematics education to improve problem solving ability and student learning independence. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 243-252.

Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Papadopoulos, P. M., Natsis, A., Obwegeser, N., & Weinberger, A. (2019). Enriching feedback in audience response systems: Analysis and implications of objective and subjective metrics on students' performance and attitudes. Journal of Computer Assisted Learning, 35(2), 305-316.

Rahayu, S., & Suningsih, A. (2018). The effects of type learning model numbered head together and think pair share. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 19-21.

Wardani, I. G. A. K. (2007). Penelitian tindakan kelas. Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Solindri Pangemanan, N. (2021). Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi, dan Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(2), 68–73. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.26822