Penerapan Model PBL Menggunakan NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa

Reznyfa Minda Unisty, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Cecep Anwar Hadi FS, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Jaenudin Jaenudin, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL menggunakan NHT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk memilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan non-tes skala minat belajar siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBL menggunakan NHT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah, minat belajar, NHT, PBL

Full Text:

PDF

References


Al-Batany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Prenada Media Group.

Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., & Tenenbaum, H. R. (2011). Does discovery-based instruction enhance learning?. Journal of educational psychology, 103(1), 1-9.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 10-17.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, [SL], 7(1), 113-126.

Kesumaningrum, C. N., & Syachruroji, A. (2016). Perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan ekspositori pada konsep energi. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 181-191.

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh problem-based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi. Jurnal Penelitian Kependidikan, 23(1), 33-47.

Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), 171-182.

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar & pusat sumber belajar: Teori dan aplikasinya di sekolah/madrasah. Prenada Media Group.

Pratomo, A. E. (2017). Penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Ngrayun Ponorogo. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 2(1), 1-12.

Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Safriadi, S. (2017). Prosedur pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 47-65.

Sari, D. P. (2018). Pengaruh model pembelajaran tipe numbered heads together terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(2), 196-203.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 19-26.

Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.

Sulaeman, E., & Ismah, I. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui strategi problem based learning pada kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 31-43.

Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 18-25.

Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi pemecahan masalah matematika. Satya Wacana University.

Wijayati, N., Kusumawati, I., & Kushandayani, T. (2008). Penggunaan model pembelajaran numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2), 19-27.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Yusri, Y., & Arifin, S. (2018). Desain pembelajaran kooperatif berbasis teori bruner untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Histogram, 2(2), 147-158.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.26783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo