Tingkat Kecemasan Siswa Field Dependent dan Field Independent dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang

Rayiningtyas Ayu Palupi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Tulungagung, Indonesia
Dian Septi Nur Afifah, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Tulungagung, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika, faktor-faktor yang menyebabkan, dan solusi untuk mengatasi kecemasan matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal bangun ruang ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian yaitu kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Besuki dan metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode angket, metode tes, metode wawancara dimana untuk menguji kredibilitas data digunakan triangulasi waktu. Hasil yang diperoleh yaitu tingkat kecemasan matematika siswa dengan gaya kognitif field dependent lebih tinggi dari pada siswa dengan gaya kognitif field independent. Siswa field dependent dan field independent mengalami kecemasan matematika disebabkan oleh faktor kepribadian, intelektual, dan lingkungan serta ditandai dengan respon fisiologis, kognitif, dan perilaku. Solusi untuk mengatasi hal tersebut, siswa merasa senang ketika belajar matematika dan bertanya saat mengalami kesulitan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi kajian untuk lebih memperhatikan siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam pembelajaran di kelas dan dapat merencanakan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan untuk mengurangi kecemasan matematika.

Keywords


gaya kognitif, field dependent, field independent, kecemasan matematika

Full Text:

PDF

References


Aggarwal, I., & Woolley, A. W. (2019). Team creativity, cognition, and cognitive style diversity. Management Science, 65(4), 1586-1599.

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Hubungan antara kecemasan matematika dan self-efficacy dengan hasil belajar matematika siswa SMA X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(3), 556–568.

Engin, A., & Vetschera, R. (2017). Information representation in decision making: The impact of cognitive style and depletion effects. Decision Support Systems, 103(1), 94-103.

Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian matematika. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 179-188.

Green, M. F., Horan, W. P., & Lee, J. (2019). Nonsocial and social cognition in schizophrenia: Current evidence and future directions. World Psychiatry, 18(2), 146-161.

Hartatik, S., & Fitriyah, F. K. (2018). Identifikasi kecemasan matematika pada mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(2), 31-33.

Held, M. L., Cuellar, M. J., & Cook Heffron, L. (2018). A study of social work students’ knowledge and perceptions of stages of Latino immigration. Journal of Social Work Education, 54(1), 61-78.

Hidayah, L., Ayu, I. K., & Faradiba, S. S. (2017). Teori beban kogntif dalam kecemasan matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2012), 105-109.

Hidayat, A. (2017). Konsep diri dan kecemasan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematika bisnis ditinjau dari perbedaan gaya kognitif field dependent dan field independent. Jurnal Gammath, 2(1), 55-64.

Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kurniasari, D. (2018). Identification of student attitudes toward physics learning at Batanghari District high school. The Educational Review, 2(9), 475-484.

Maharani, I. P., & Subanji, S. (2018). Scaffolding based on cognitive conflict in correcting the students' algebra errors. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(2), 67-74.

Mulyono. (2010). Konstruksi pemahaman konsep grafik fungsi mahasiswa bergaya kognitif field independent. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 57-63.

Raptis, G. E., Fidas, C., & Avouris, N. (2018). Effects of mixed-reality on players’ behaviour and immersion in a cultural tourism game: A cognitive processing perspective. International Journal of Human-Computer Studies, 114(1), 69-79.

Simamora, R. E., & Saragih, S. (2019). Improving students' mathematical problem solving ability and self-efficacy through guided discovery learning in local culture context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61-72.

Sujito, S., Budiharso, T., Solikhah, I., & Mutaqin, W. M. (2019). The effect of analogy variations on academic writing: How Indonesian EFL students perform with different cognitive styles. Journal of Social Studies Education Research, 10(1), 116-132.

Syafri, F. S. (2017). Ada apa dengan kecemasan matematika?. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 59–65.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.26636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo