Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Alat Peraga Jam Sudut
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.25823Keywords:
alat peraga jam sudut, media pembelajaran matematika, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas, respon, dan hasil belajar peserta didik terhadap media pembelajaran matematika berupa alat peraga jam sudut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi awal dengan guru kelas IV. Pemberian angket penilaian media dilakukan kepada ahli media, ahli materi, dan guru kelas. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berupa alat peraga jam sudut yang sudah divalidasi ahli media, ahli materi, dan guru dengan nilai kelayakan secara berturut-turut yaitu 77%, 85%, 87%, dan 85%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berupa alat peraga jam sudut layak digunakan peserta didik kelas IV SD dan dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 79,1%.
References
Alhaddad, I. (2012). Penerapan teori perkembangan mental Piaget pada konsep kekekalan panjang. Infinity Journal, 1(1), 31-44.
Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk siswa kelas X pada mata pelajaran sistem operasi. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24-33.
Heruman. (2008). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum pembelajaran matematika. Malang: UM press.
Karim, A., & Savitri, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android di kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63-75.
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18.
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2), 165-179.
Riana, R. (2013). Penggunaan media manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(11), 19-25.
Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi budaya melalui pembelajaran matematika bermakna di sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139-147.
Sagala, Z. U., Simamora, Y., & Maharani, I. (2019). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 11-19.
Siddik, M., & Rahardjo, B. (2020). Efisiensi pengembangan media pembelajaran tematik siswa kelas II sekolah dasar di Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 126-133.
Suandito, B. (2017). Bukti informal dalam pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13-24.
Sudjana, N. (2002). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sulastri, A. (2016). Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156-170.
Wangge, M. (2020). Implementasi media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran matematika di sekolah menengah. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38.
Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). Game edukasi matematika untuk sekolah dasar. Jurnal Informatika Mulawarman, 10(2), 59-64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.